by

Peluru Sejanta Laras Panjang 23 Butir Ditemukan di Parit, Milik Siapa?

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Warga yang tinggal dan sedang melintas di Jalan Adam Malik, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, tepatnya di samping SD Negri No 122337,  Kamis (6/8) sekitar pukul 9.00 WIB, dihebohkan dengan temuan 23 butir peluru aktif dari saluran air atau parit. Sejauh ini belum diketahui apakah peluru tersebut berasal dari satuan TNI, Brimob atau Polri.

Saat itu seorang petugas kebersihan, Falensius Sihaan sedang membersihkan saluran air menggunakan cangkul, dan tiba-tiba peluru tersebut terlihat dengan posisi berserak. Warga sekitar turut penasaran sehingga sempat mengundang keramaian. Pria berusia 57 tahun ini pun langsung melapor ke pihak Kecamatan Siantar Barat.

Sesuai laporan camat ke polisi, tidak lama Kapolsek Siantar Barat Iptu Esron Siahaan bersama tim serta dari Polres Pematangsiantar tiba di lokasi. Polisi sudah mengamankan peluru tersebut dan hasil pemeriksaan sementara, jenis peluru tersebut SS1 buatan Pindad dan biasanya peluru tersebut dipergunakan untuk senjata api laras panjang.

Kapolsek Siantar Barat Iptu Esron Siaahaan mengaku belum mengetahui pasti dari mana sumber peluru tersebut. “Kita masih lakukan penyelidikan dan sekarang sedang diamankan di Polres,” katanya dengan mengakui bahwa dirinya belum bisa menjawab nama institusi yang biasa menggunakan peluru tersebut, apakah TNI atau Polri.

Esron Siaahan mengatakan, segera mungkin peluru tersebut akan dikroscek dari mana sumbernya dan ia berkeyakinan bahwa peluru tersebut dibuang secara sengaja. “Kalau menurut saya itu dibuang karena warna kuningnya sudah pudar. Cuma kebetulan ada petugas sedang kerja dan menemukannya,” tutupnya. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *