by

Gegara Pandemi Covid-19 Tradisi HUT Kemerdekaan RI Berubah

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Pengaruh pandemik Covid-19, aktivitas upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 akan berubah total. Salah satunya dengan ditiadakankannya upacara di Lapangan H. Adam Malik. Penggantinya, pemko mengalihkan acara dengan formasi yang lebih kecil di Kantor Wali Kota Pematangsiantar.

Tata pelaksanaan HUT ini sudah ditetapkan dalam rapat panitia peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 Kota Pematangsiantar di ruang Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Pematangsiantar, Selasa (4/8).

Dipastikan beragam acara yang selama ini sudah menjadi tradisi pun akan dilarang agar memncegah penyebaran virus corona. Namun,  Pj Sekda Kota Pematangsiantar Basarin Yunus Tanjung meminta masyarakat mengibarkan bendera merah putih di rumah atau tempat usaha, mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2020.

Adapun rangkai HUT Kemerdekaan RI ke 75 di kota ini, sidang paripurna mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI pada sidang tahunan MPR RI tahun 2020 di ruang rapat paripurna DPRD Pematangsiantar.

Sedangkan upacara apel renungan suci dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Nagur, Minggu (16/8) malam. Keesokan harinya, Senin (17/8) upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI bertempat di kantor Walikota Pematangsiantar dengan Inspektur Upacara Wali Kota.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pematangsiantar Soefie Saragih mengatakan, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI sebanyak 8 orang. Mereka merupakan Purna Paskibraka Kota Pematangsiantar tahun 2019. Nantinya, warga Kota Pematangsiantar tidak melakukan aktivitas saat peringatan Detik-detik Proklamasi,” katanya singkat. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *