by

PD-PAUS Merugi, DPRD Minta Dewan Pengawas Bertanggungjawab

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Niat seluruh Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Pembangunan Aneka Usaha Daerah (PD-PAUS) untuk mengundurkan diri dari jabatannya menjadi perhatian serius anggota DPRD Pematangsiantar karena hal ini justru bukan menjadi solusi.

Ferri SP Sinamo, wakil ketua Komisi II DPRD mengatakan, Dewan Pengawas tidak seharusnya berpikir ceroboh dan jangan sampai menjadikan PD-PAUS bagaikan “mainan” yang tidak berharga. Seyogiahnya, Dewan Pengawas harus terlebih dahulu melaporkan situasi PD-PAUS. Dalam hal ini Dewan Pengawas harus berani bertanggungjawab.

“Bukan segampamg itu mundur.  Dengan mundur bukan menyelesaikan masalah. Tidak. Tetapi mereka harus mempertanggungjawabkan kinerja sebagai bagian dari walikota, perpanjangan tangan walikota selaku pemilik. Kok bisa PD PAUS itu merugi? Harus siap membuktikan kenapa itu merugi. Jadi, tidak segampang itu mundur,” katanya, Selasa (4/8).

Paling tidak, tambah politisi PDI Perjuangan itu, Dewan Pengawas menunggu proses audit karena Dewan Pengawas memiliki tugas mengendalikan perusahaan walau jajaran direksi yang menjalankannya. “Dan ini harus diaudit juga dengan audit independen. Bukan dari Inspektorat. Diminta atau diminta walikota, dewan pengawas harus melaporkan kondisi PD PAUS kepada walikota. Itulah gunanya badan pengawas, tidak ujuk-ujuk mengundurkan diri. Kok enak kali,” ucapnya.

Mantan Komisaris BUMN ini menegaskan, tidak kalah penting dari tanggungjawab Dewan Pengawas adalah, jika kerugian yang dialami PD-PAUS akibat kelalaiannya, mereka juga harus mengganti kerugian itu. “Makanya perlu dipahami juga apakah kerugian ini akibat salah pengelolaan? Apakah mereka juga mendapat gaji? Itu aturan perusahaan. Jika karena kelalaian, semua Direksi dan Dewan Pengawas harus tanggung rente,” terangnya.

Sebelumnya, Herri Okstarizali, Asrul Sani dan Kaliaman Sitio selaku Dewan Pengawas PD-PAUS memilih mengundurkan diri. Hal ini dibenarkan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota pematangsiantar, Zainal Siahaan saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (30/7).

Zainal Siahaan mengatakan, ke tiga Dewan Pengawas tersebut mengajukan pengunduran diri sekitar dua minggu yang lalu dan ia sendiri sudah menerima berkasnya, tetapi sampai sekarang ini belum masuk ke meja kerja walikota. “Pengajuan pengunduran diri itu kalau disetujui walikota, tapi sampai saat ini belum ada,” ucapnya. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *