by

Nelayan Hilang di Danau Toba Tiga Hari Dicari

Simalungun, Kabarnas.com – Setelah dinyatakan hilang dan tenggelam di perairan Danau Toba, Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Kamis (30/7), seorang pria berusia 58 tahun akhirnya ditemukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Simalungun,  SAR Pos Parapat bersama dengan warga,sudah tidak bernyawa, Sabtu (1/8).

Korban Janosman Purba tercatat sebagai warga Desa Bangun Purba, Kecamatan Haranggaol.  Ia diketahui pergi bekerja ke danau sekitar pukul 14.00 WIB dengan menaiki perahu fiber. Korban terakhir diketahui mengangkat jaring ikan di Danau Toba yang telah ditebar di pagi hari. Namun hingga sore hari korban juga belum kembali dan itu diketahui setelah keluargannya mencari keberadaannya.

Berbagai upaya telah dilakukan petugas dan masyarakat kurang lebih selama tiga hari, dan baru berhasil ditemukan setelah petugas menyelam setelah menyelam 30 menit dengan kedalaman 15 meter, Sabtu (1/8) sekitar pukul 10.00 WIB, berjarak sekitar 150 meter dari pantai perairan Danau Toba.

“Nelayan lokal dan masyarakat telah berusaha mencari korban hingga hari Jumat, 31 Juli sekitar. 18.00 WIB dengan hasil nihil. Warga hanya menemukan pakaian, handphone dan pisau milik korban di tepi pantai Haranggaol. Ditemukan juga perahu fiber milik korban dalam keadaan pecah sekitar 200 meter dari tepi pantai,” kata Koordinasi SAR Parapat, Octo Tambunan, Sabtu (1/8).

Korban sudah diserahkan kepada keluarga untuk proses pengebumian. “Keluarga juga sudah terlebih dahulu menandatangani surat pernyataan, menerima bahwa kematian korban murni karena kecelakaan,” kata Kapospol Haranggoal, Aipda JH Girsang. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *