by

HUT ke-75 Kemerdekaan RI Warga Siantar Dilarang Gelar Panjat Pinang

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Akibat pandemik Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar meminta seluruh masyarakat untuk tidak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggelar kegiatan yang berpotensi menimbulkan keramaian atau kerumunan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Sofie Saragih melalui Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, Gilbert Ambarita mengatakan, larangan terhadap kegiatan semarak hari kemerdekaan berupa panjat pinang, tarik tambang dan lainnya merupakan upaya untuk mencegah terjadi sebaran virus corona.

Mantan Kabag Humas Pemko Pematangsiantar ini mengakui, bahwa kebijakan tersebut merujuk atau mempedomani surat ederan dari Gubernur Sumatera Utara dan Menteri Sekretaris Negara. “Untuk di tengah-tengah lingkungan masyarakat, Pemerintah Kota sudah mengedarkan surat melalui camat dan lurah, bawasannya jangan melaksanakan kegiatan apalagi yang sifatnya mengumpulkan orang,” jelasnya, Sabtu (1/8).

Untuk memastikan bahwa masyarakat mengikuti imbauan itu, kata Gilbert Ambarita, akan diturunkan tim melakukan pengawasan dan semua ini akan dibahas kembali saat rapat finalisasi persiapan pelaksanaan HUT ke 75 Kemerdekaan RI, tanggall 2 Agustus ini. “Belum diketahui siapa yang akan ditugaskan, apakah Satpol PP atau tim dari GTPP Covid-19 Kota Pematangsiantar. Nanti akan dibahas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia memastikan perayaan hari kemerdekaan akan diadakan upacara bendera, tetapi tidak di Lapangan Haji Adam malik melainkan di depan Balai Kota, dengan jumlah peserta yang terbatas. Adapun agenda perayaan kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah direncakan, tanggal 16 Agustus 2020 tengah malam dilaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan.

“Besok harinya digelar upacara jam 7.00 WIB di depan Balai Kota dan peserta upacara dibatasi.Habis upacara seluruh warga diminta untuk menonton televise agar mendengarkan pidato presiden,” terangnya dengan berpesan agar masyarakat tidak lupa memasang bendera Merah Putih di halaman rumah  atau kantor masing-masing. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *