by

Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Memasarkan Produk di Facebook

Jakarta, Kabarnas.com – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terus berusaha mempercepat akselerasi digitalisasi pelaku UMKM di Indonesia. Kelak pemasaran semua produk semakin cepat dengan akses lebih luas.

Demi mencapai tujuan itu, pemerintah menggandeng Grup Facebook yang meliputi Facebook (FB), Instagram (IG), dan Whatsapp (WA). Seluruh pelaku UMKM didorong memanfaatkan tren berjualan lewat media sosial yang ada sekarang ini.

MenkopUKM Teten Masduki yakin digital media sosial memberikan peluang besar menumbuhkan ekonomi karena semua produk dapat dipasarkan, baik dalam negeri dan  luar negeri. Dengan digitalisasi juga, business process pelaku UMKM tergambar lebih akuntable.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM Leonard Theosabrata mengakui bahwa pihaknya sebagai pengelola Smesco Indonesia sudah bekerja sama dengan Grup Facebook dalam hal pelatihan-pelatihan.

“Arah dari kerja sama pelatihan itu adalah agar pelaku UMKM menjual produknya di berbagai marketplace untuk lebih meningkatkan akses pasar bagi produk yang dihasilkannya,” ucap Leonard.

Hanya saja, Leonard menekankan adanya perlakuan yang berbeda bagi setiap pelaku UMKM. “Kita tidak bisa menyamakan perlakuan, karena antara usaha mikro, kecil, dan menengah, sangat berbeda. Baik dari sisi skala usahanya maupun hal-hal lainnya,” kata Leonard.

Sementara itu, Kepala kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan, kerja sama Facebook dengan KemenkopUKM dan beberapa marketplace itu dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi pelaku UMKM.

“Pasalnya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian negeri ini. Dan pandemi Covid-19 merupakan tantangan tersendiri bagi seluruh pelaku UMKM”, kata Ruben.

Ruben menambahkan, pihaknya sudah melakukan pelatihan (secara virtual) untuk 85 ribu UMKM di seluruh Indonesia. “Dalam enam bulan hingga satu tahun ke depan, kita akan melakukan pelatihan bagi 15 ribu UMKM yang ada di bawah naungan Smesco Indonesia,” pungkas Ruben. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *