by

Pangkalan Gas Elpiji Disentuh Api, Empat Rumah Hangus di Toba

Toba, Kabarnas.com – Satu rumah di Simpang Sirongit, Desa Simatibung, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, yang selama ini dimanfaatkan sebagai pangkalan gas elpiji ludes terbakar, Jumat (31/7) sekitar pukul 5.30 WIB. Peristiwa ini membuat suasana di desa tersebut seketika dipenuhi rasa takut karena api berkobar disertai dengan suara letusan tabung gas elpiji.

Warga yang turun ke lokasi berusaha melakukan pemadaman, tetapi dihantui rasa takut mengingat di rumah milik Nurmala Hutapea tersebut masih banyak tabung elpiji. Kemudian, titik kebakaran ini berada di bawah kabel listrik. Keterbatasan itu, membuat api berkobar hebat dan merambat ke rumah lainnya sehingga total yang terbakar hangus menjadi empat unit, tiga lagi milik orangtua Magda Hutapea, Parlindungan Hutapea dan Pasuria Hutapea.

Sejauh ini seluruh korban masih meratapi musibah yang menimpah mereka dan belum banyak bercerita kepada orang lain. Bahkan semua korban yang masih satu keluarga terliha syok. Sementara pihak kepolisian sudah turun untuk menyelidiki penyebab kebakaran, namun hingga saat ini masih belum dapat diketahui secara pasti. “Yah masih dalam penyelidikan,” kata Kapolsek Laguboti AKP JP Aruan secara singkat.

Beberapa warga sekitar mengaku bahwa saat kejadian cukup banyak orang yang ingin memberikan pertolongan, tetapi api berkobar cukup cepat. Warga kesulitan menjangkau titik-titik api karena lidah api yang tinggi dan panas. Saat kebakaran itu, warga sekitar dan korban berteriak sembari berharap Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba lebih cepat.

“Ai leleng mai ro pemadam (Kok lama datang) tolong, hatop hamu jo (cepat dulu kalian datang) pemadam,” kata beberapa korban berteriak sembari menangis histeris. Sayang, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba bisa tiba dengan terlambat.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian diperkirakan diangkat ratusan juta, apalagi karena kebakaran terjadi di pagi hari, seluruh korban pun tidak bisa berbuat banyak untuk menyelematkan barang-barang berharga. Bahkan beberapa kenderaan turun hangus terbakar. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *