by

Hebat! Satu Diantara Delapan Orang Paskibraka Istana Anak Siantar

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, menjadi momen berbeda dari tahun sebelumnya, Di tengah pandemik Covid-19, aktivitas masyarakat terbatas. Demikian halnya dengan upacara peringatan hari kemerdekaan. Di balik itu, salah satu putri terbaik Kota Pematangsiantar, Sylvia Kartika Putri dipercaya menjadi bagian dari anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

Ditemui di rumah tempat tinggalnya, Jalan Volly, Gang Mahoni II, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, remaja yang kini duduk di kelas III SMA tersebut mengaku bangga karena untuk ke dua kalinya dipercaya oleh Negara melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tentu bukan hal mudah menjadi bagian dari Paskibraka, khususnya di tahun ini yang dibutuhkan hanya 8 orang saja. Butuh seleksi yang ketat dari 68 orang Paskibraka tahun 2019.

Sylvia sendiri mengaku sudah lama mendengar kabar bahwa untuk menjalankan tugas mulia di Istana Negara akan melibatkan anggota Paskibraka dari tahun 2019 karena di tahun 2020 ini tidak ada perekrutan akibat pandemik Covid-19. Ia pun mendapat surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga agar mempersiapkan semua berkas. “Pas dengarnya, ada rasa senang karena ada harapan untuk ke dua kalinya menjadi Paskibraka,” jelasnya, Jumat (31/7).

Sylvia sendiri telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas mengibarkan bendera Pusaka Mereh Putih, termasuk memeriksa kesehatan dengan rapid test. “Persyaratan yang dibutuhkan adalah kesiapan mental dan fisik,” ucapnya dengan menambahkan, Senin (3/8) ia akan berangkat ke Jakarta didampingi pejabat dari Dinas Pendidikan.

Menurut anak dari pasangan Tarsiman (42) dan Tuty Chairi (37) itu, tugas yang akan dipercayakan kepadanya sejauh ini belum dapat diketahui, namun ia sangat berharap bisa menjadi pembawa baki. “Kita baru tahu apa tugas kita beberapa jam setelah mau melaksanakan tugas,” katanya dengan berharap proses pengibaran hingga penurunan Bendera Merah Putih bisa berjalan dengan lancar.

Sylvia satu-satunya orang yang mewakili Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi anggota Paskibraka bertugas kembali tahun 2020 ini. Tahun 2019 yang lalu, pelajar SMA Kartika 1-4 Pematangsiantar ini bertugas di pagi hari sebagai pendamping pembawa baki duplikat bendera pusaka. Wanita yang memiliki cita-cita menjadi Polwa tersebut mengaku bahwa dirinya sudah berlatih secara pribadi sebagai persiapan sebelum dilatih di Jakarta maupun di Bogor. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *