by

Perayaan HUT RI ke-75 Dilarang Menciptakan Keramaian

Medan, Kabarnas.com  – Berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) di masa pendemi Covid-19 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Antara lain meniadakan kegiatan yang mengakibatkan keramaian dan membatasi peserta upacara bendera. Semua itu untuk mencegah sebaran Covid-19.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  melalui Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprov Sumut Fitriyus, menjelaskan bahwa upacara bendera peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang biasanya digelar secara meriah di Lapangan Merdeka Medan, ditiadakan, dan dialihkan ke Lapangan Apel Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Dijelaskan, upacara ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara.”Upacara inipun hanya diikuti Pemprov Sumut beserta Forkopimda Sumut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian, pacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta secara virtual,” terangnya.

Fitriyus menambahkan, seluruh kabupaten/kota juga harus melaksanakan kegiatan upacara HUT RI mengacu kepada Surat Edaran Mensesneg, antara lain bahwa untuk detik-detik proklamasi pukul 10.00 WIB, pemerintah daerah beserta Forkopimda wajib mengikuti upacara secara virtual dari Istana Negara.

Dalam kesempatan ini, Pemprov Sumut juga mengimbau agar pada tanggal 1 – 31 Agustus, seluruh kantor instansi pemerintah maupun swasta hingga masyarakat memasang bendera merah putih. Juga mengimbau masyarakat agar pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 – 10.20 WIB menghentikan aktivitasnya sejenak untuk melakukan sikap sempurna.

“Seluruh masyarakat berdiri tegap atau sikap sempurna saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah, kegiatan ini akan dimulai dengan bunyi sirene,” ujar Fitriyus.

Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga sudah mengeluarkan surat edaran mengenai partisipasi menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Dalam surat edaran antara lain disebutkan, di tingkat kabupaten/kota, upacara Peringatan HUT ke-75 RI dilaksanakan di kantor pemerintah kabupaten/kota masing-masing. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *