by

Satu Hari Terpapar Covid-19 Tercatat 241 Orang, Lonjakan Tertinggi di Sumut

Medan, Kabarnas.com – Jumlah sebaran Covid-19 terus meningkat di Provinsi Sumatera Utara (Prov Sumut). Data terbaru yang positif terkonfirmasi terpapar Covid-19 telah mencapai 3.759 orang. Sedangkan yang sembuh masih 980 orang dan yang meninggal dunia sudah diangka 186 orang. Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Jubir GTPP) Covid-19 Prov Sumut, Whiko Irwan, Rabu (29/7) sekitar pukul 17.15 WIB.

Dibadingkan dengan data satu hari sebelumnya, yaitu 3518 orang, jumlah pasien Covid-19 bertambah 241 orang. Ini menjadi data paling banyak terpapar sepanjang pandemic ini telah masuk ke Sumut. Sedangkan di tanggal 28 Juli 2020 terkonfirmasi masih diangka 80 orang. Bahkan satu hari sebelumnya hanya 48 orang. “Terjadi lonjakan yang sangat tinggi dari jumlah pasien konfirmasi Covid-19 hari ini yaitu sebanyak 241 orang, suspek naik 15 orang, pasien yang sembuh naik 31 orang dan yang meninggal 3 orang,” terangnya.

Sebelumnya, Whiko memastikan dalam menentukan pasien positif atau negatif, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) berpedoman pada SK Menkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, dan Revisi V Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease.

Kriteria-kriteria pasien positif Covid-19 sesuai dengan pedoman SK Menteri Kesehatan tersebut antara lain gejala klinis seperti demam, batuk dan sesak napas. Kemudian ada juga data penunjang radiologi dengan gambaran paru-paru terinfeksi virus. Adanya gambaran infeksi virus di darah melalui pengecekan darah di laboratorium pemeriksaan Swab RT-PCR dengan hasil positif.

Whiko juga menjelaskan berdasarkan SK Menkes dimaksud, dalam menangani pasien yang terpapar Covid-19 seperti Kasus Kontak Erat, Suspek, Probable dan Konfirmasi Positif harus diisolasi dan dipisahkan dari yang tidak terpapar. Orang-orang dengan kasus probable dan konfirmasi dengan symptomatic (gejala) harus dirawat di RS. Sedangkan untuk kasus Suspek, Probable dan Konfirmasi yang meninggal dunia wajib dilaksanakan protokol pemulasaran jenazah Covid-19. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *