by

Latihan di Rindam I/BB Simalungun, 30 TNI Dinyatakan Positif Covid-19

Simalungun, Kabarnas.com – Pangdam I/BB TNI, Irwansyah memastikan dari 30 anggotanya yang positif terpapar Covid-19 kini mulai sembuh setelah dirawat kurang lebih dari 2 minggu. Mereka yang terpapar adalah anggota yang sedang menjalani pendidikan di Rindam I/BB Simalungun.

Ia bersyukur atas pulihnya kesehatan anak buahnya. Mengingat virus ini sudah menyebar hampir semua lapisan atau instansi, dalam kesempatan itu Pangdam meminta agar masyarakat mentaati protokol kesehatan sehingga dapat menekan sebaran Covid-19.

“Rapid test itu sudah dilaksanakan kepada sekitar 2.300 orang TNI dan ditemukan yang reaktif sekitar 76 orang. Kemudian dari 76 orang itu kita swab dan hasilnya ditemukan ada 30 positif. Kita ambil langkah-langkah isolasi mandiri dan sembulah 23 orang,” terangnya, Selasa (28/7).

Ia pun mendorong seluruh anggotanya sigap dan siap melayani masyarakat khususnya dalam menangani pandemik Covid-19. Hal ini ia sampaikan saat kunjungan kerja perdana di dua satuan militer di Kabupaten Simalungun, yakni Komando Resort Militer (Korem) 022/ Pantai Timur dan Yonif 122/Tombak Sakti, Selasa (28/7).

Salah satu tugas penting dalam kunjungan ini adalah kematangan prajuritnya dalam membantu pemerintah menangani Covid-19. Ia pun melihat demo penanganan Covid-19 di Lapangan Yonif 122/Tombak Sakit, yang diperagakan unsur TNI-Polri, Satpol PP dan tim medis dari Kabupaten Simalungun.

Usai peragaan itu, jenderal bintang dua tersebut berpesan agar seluruh tim lebih mengedepankan pendekatan kepada keluarga pasien yang terpapar Covid-19. Tentu dengan cara memperhatikan sisi psikologi.

Menurut Pangdam, penanganan Covid-19 tak lepas dari kecakapan dari para prajurit berdialog dengan keluarga. Sehingga keluarga pasien harus bisa mendapatkan rasa nyaman. Baginya, ketika rasa nyaman ada maka imunitas tubuh akan kuat untuk melawan penyakit.

“Kami datang dari Medan, untuk kunjungan sekaligus melihat demo penanganan Covid-19. Saya melihat beberapa unsur yang terlibat. Dari manusia, kenderaan dan obat obatan. Semuanya diperlukan setiap saat,” katanya.

Adapun dalam kunjungan kerja ke Korem 022/Pantai Timur, Pangdam juga turut memperkenalkan diri dan mengimbau para prajurit menjaga semangat di tengah Pandemi Covid-19.

Pangdam menyampaikan, di samping tugas pokok militer, kerjasama dengan stakeholder Penanganan Covid-19 adalah sama pentingnya di masa sekarang Dalam kunjungan ini, Pangdam juga menyempatkan waktunya untuk memberi kesan dan pesan kepada seluruh prajurit Korem 022/Pantai Timur dan menyapa unsur Forkopimda di wilayah Korem 022/Pantai Timur. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *