by

Pasangan Ojak-Effendi Gugur, Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan Kosong

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pematangsiantar memastikan bahwa Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Kota Pematangsiantar dari jalur perseorangan tidak ada. Hal ini disampaikan Devisi Teknis KPUD, Gina Ginting setelah Bapaslon Ojak Naibaho dan Muh Effendi Siregar, tidak menyerahkan perbaikan syarat dukungan.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah mengadakan rapat, hasilnya pasangan Ojak-Effendi dinyatakan gugur. “Dari tanggal 25 sampai tanggal 27 Juli 2020, sampai pukul 24.59 WIB, pasangan Ojak dan Effendi belum ada menyerahkan perbaikan. Secara otomatis gugur. Kita ada buat berita acara, tapi bukan yang dari Silon karena mereka tidak hadir menyerah perbaikan syarat dukungan,” terangnya, Selasa (28/7).

Sebelumnya, KPUD Pematangsiantar Bapaslon Ojak-Effendi telah melakukan verifikasi admistrasi dan verifikasi faktual. Hasilnya, syarat dukungan mereka yang memenuhi syarat hanya sebanyak 8.689, atau kurang sebanyak 9.221 dari 17.910 syarat minimal dukungan. Untuk perbaikan sendiri, dukungan yang dibutuhkan dan harus dipenuhi menjadi dua kali lipat dari kekurangan, yakni 9.221 menjadi 18.442 dukungan.

Sementara melalui jalur partai politik, sejauh ini yang diketahui mendapat rekomendasi dari partai pengusung hanya pasangan Asner Silalahi dan dr Susanti Dewayani. Total partai yang memberi rekomendasi untuk menjadi calon kepala daerah sebanyak 7 partai, yakni Hanura, Demokrat, PDI Perjuangan, NasDem, PKPI, Golkar dan PAN.

Sejauh ini yang belum mengeluarkan surat rekomendasi hanya Gerindra. Sedangkan petahana sendiri, yaitu Hefriansyah belum mendapat rekomendasi dari partai manapun. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *