by

RSUD Djasamen Saragih Penuh, Pasien Covid-19 Dialihkan ke RS Tentara

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Pelaksana Tugas Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah (Plt BLUD RSUD) Djasamen Saragih, dr Ronald Saragih mengakui, akibat jumlah pasien positif terpapar Covid-19 terus bertambah, kapasitas rumah sakit yang dipimpinnya tidak mampu lagi untuk menampung pasien. Saat ini Rumah Sakit Tentara turut membantu untuk menampung dan merawat pasien baru yang positif terpapar Covid-19.

Langkah yang dilakukannya, membenahi ruang di rumah sakit tersebut. “Sedang dipermak (bangunan) biar bisa masuk untuk 26 pasien. Yang jelas, untuk pasien (Covid-19) yang gejala berat habis tempat,” terangnya, Senin (27/7), dengan menambahkan bahwa kapasitas untuk pasien positif terpapar Covid-19 hanya 26 orang.

dr Ronald Saragih, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) mengaku tidak mengetahui berapa total pasien Covid-19 yang ditangani di rumah sakit tersebut. “Lupa tadi saya karena saya juga agak susah ke sana kemari karena lockdown ini,” katanya sembari mengakui bahwa hanya 4 ruang yang bisa dipakai untuk pasien Covid-19.

Terpisah, Humas Rumah Sakit Tentara Jhonsuari Barus mengatakan, saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang mereka tangani juga cukup banyak, dan nyaris penuh bandingkan dengan kapasitas rumah sakit. “Jumlah pasien Covid-19 yang ditangani hingga sekarang kurang lebih 30 orang dan kapasitas kita sekitar 35 orang,” terangnya.

Menurutnya, pasien yang mereka tangani terdiri dari pegawai dari Dinkes, anggota TNI dan pasien umum. “Sudah ada juga yang sembuh,” ucapnya.

Untuk saat ini, jumlah pasien Covid-19 di kota ini belum diketahui. Sementara Satgas Covid-19 Kota Pematangsiantar belum ada yang memberikan keterangan.(Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *