by

KPUD Siantar Belum Menerima Perbaikan Syarat Dukungan Pasangan Ojak-Efendi

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pematangsiantar belum menerima perbaikan syarat dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota Dan Wakil Walikota dari jalur perseorangan, Ojak Naibaho dan Muh Efendi Siregar. Sementara masa batas waktu penyerahan, Senin, 27 Juli 2020 hingga pukul 00.00 WIB.

Devisi Teknis KPUD Pematangsiantar Gina Ginting mengatakan, jika sampai batas waktu yang telah ditentukan pasangan Ojak-Efendi tidak menyerahkan  berkas perbaikan, KPUD akan mengadakan rapat pleno dan menyatakan pasangan ini gugur atau tidak memenuhi syarat mengikuti kontesta Pilkada. “Kalau tidak menyerahkan perbaikan syarat dukungan, otomatis gugur,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (27/7) sekitar pukul 14.30 WIB.

Ia menyatakan, pihaknya masih menunggu kedatangan pasangan tersebut. “Mungkin mereka lagi menyusun (berkas),” ucapnya.

Dijelaskan, KPUD Pematangsiantar sendiri tetap melakukan komunikasi dengan pasangan Ojak-Efendi guna menghindari munculnya kendala dari sistem aplikasi. Hari Rabu kemarin, pihak operator pasangan tersebut masih bekerja melakukan entri data. “Janjinya, mereka sampai semalam (Minggu), dan kita tunggu sampai malam tapi tidak hadir,” ucapnya

Gina menambahkan, jika dokumen perbaikan syarat dukungan diserahkan kepada KPUD, maka langkah selanjutnya adalah verifikasi administrasi, setelah itu tanggal 8-16 Agustus 2020 dilakukan verikasi faktual. “Hanya 7 hari dilapangan. Verifikasi faktualnya berbeda dengan sebelumnya. Sekarang modelnya koletif. Tidak datang ke rumah-rumah. Tim penghubung yang memgumpulkan warga untuk diverifikasi,” jelasnya.

Perlu diketahui, tahap pertama, KPUD Pematangsiantar telah melaksanakan pleno terkait syarat dukungan pasangan Ojak-Effendi. Hasilnya, berkas yang memenuhi syarat hanya sebanyak 8.689, atau kurang sebanyak 9.221 dari 17.910 syarat minimal dukungan. Untuk perbaikan sendiri, dukungan yang dibutuhkan dan harus dipenuhi menjadi dua kali lipat dari kekurangan, yakni 9.221 menjadi 18.442 dukungan. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *