by

Kabar Gembira! Pemerintah Menargetkan Awal 2021 Vaksin Covid-19 Siap Dipergunakan

Jakarta, Kabarnas.com – Kabar gembira. Pemerintah menargetkan vaksi Covid-19 akan dapat dipergunakan diawal tahun 2021 setelah berhasil melakukan uji klinis fase kedua. Tahap akhir, akan kembali diuji kepada sebanyak 1.620 orang, dimana penyuntikannya ditangani Kementerian Kesehatan. Hal ini diungkapkan Ketua Tim Riset Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad), Kusnandi Rusmil, saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Selasa (21/7).

Senada disampaikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Kusumastuti Lukito. Dalam tahap lanjut ini, titik terang sudah ditemukan dan akan masuk tahap memproduksi vaksin Covid-19. Badan POM sendiri menjamin protokol dari uji klinis ini adalah valid,dan nanti BPOM akan mendampingi proses uji klinis ini, sehingga ada percepatan pada saat ada pemberian izin edarnya. Secara paralel juga proses produksi yang akan dilakukan oleh Bio Farma dan saat uji klinis selesai BPOM akan memberikan izin edar maupun distribusikan.

Menteri Kesehatan (Menkes) sendiri, Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan personel untuk melakukan imunisasinya dan juga menyiapkan penganggarannya. ”Itu kami akan bahas bersama dengan Kementerian Keuangan terutama dan mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan diridai oleh Tuhan Yang Mahakuasa,” kata Menkes.

Sementara, Direktur Utama (Dirut) Bio Farma, Honesti Basyir, menyampaikan bahwa Bio Farma mendapat tugas untuk memastikan kapasitas produksi vaksin ini bisa dikelola dengan baik. Ia menambahkan bahwa sampai saat ini Bio Farma sudah menyiapkan 100 juta dosis per tahun dan akan expand menuju 250 juta dosis per tahun.

”Tapi untuk tahap pertama, sesuai dengan target penyelesaian uji klinis Januari, pada saat selesai uji klinis dan izin  edarnya keluar kami sudah menargetkan untuk bisa selesai sekitar 40 juta dosis per tahun,” jelas Dirut Bio Farma. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *