by

Syarat Jadi Calon Kepala Daerah Belum Terpenuhi, Pasangan Ojak-Efendi Butuh Perbaikan 18.442 KTP

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar tahun 2020, di Gedung Dharma Wanita Persatuan, Selasa (21/7/2020).

Rapat pleno dihadiri Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi P Saragih SIK, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Ketua Pengadilan Negeri (PN), Ketua Bawaslu, serta Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Ojak Naibaho dan M Effendi Siregar, LO dari pasangan calon, dan PPK dari 8 kecamatan yang ada di  Kota Pematangsiantar.

Berdasarkan rekapitulasi itu, KPUD Kota Pematangsiantar mengumumkan bahwa syarat dukungan pasangan Ojak Naibaho dan M Effendi Siregar, yang memenuhi syarat sebanyak 8.689. Untuk mencapai 17.910 syarat minimal dukungan, pasangan ini memiliki kekurangan sebanyak 9.221 dukungan.

Sesuai ketentuan, jumlah yang harus dipenuhi menjadi dua kali lipat dari kekurangan, yakni 9.221 menjadi 18.442 dukungan Kartu Tanda Penduduk. Data -data tersebut ditetapkan KPUD Kota Pematangsiantar setelah di-renvoice oleh KPU, Bawaslu, dan LO pasangan, maka data dari setiap PPK.

Devisi Teknis KPUD Kota Pematangsiantar, Gina R Ginting mengatakan bapaslon perseorangan tersebut diberi waktu untuk melakukan dan menyerahkan dokumen dukungan perbaikan mulai tanggal 25-27 Juli 2020. Jadwal perbaikan itu sendiri sudah disampaikan kepada bakal bapaslon sejak Februari 2020.

“Besok akan kita lakukan sosialisasi perbaikan ke bapaslon. Setelah tahapan rekapitulasi kota tadi, maka bapaslon yang sudah menginput data perbaikan di silon offline bisa disubmit ke silon online,” katanya.

Setelah dokumen perbaikan diterima KPUD, kata Gina, akan dilakukan kembali pengecekan dokumen perbaikan, verifikasi administrasi, jegandaan dan keberadaan di DP4 / DPT perbaikan. Selanjutnya, proses verifikasi faktual perbaikan di kelurahan, rekap Kecamatan dan rekap Kota. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *