by

Tiga Hari Pencarian, Korban Hanyut di Sungai Bahapal Ditemukan

Simalungun, Kabarnas.com – Setelah tiga hari, Rahman, korban yang hanyut bersama lima anggota keluarganya di Sungai Bahapal Huta Sipanga, Nagori Bandar Selamat, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (19/7) kemarin, akhirnya ditemukan dan telah dievakuasi, Selasa (21/7) sekitar pukul 17.30 WIB.

Rahman ditemukan sekitar 1 Km dari lokasi awal kejadian dan dalam keadaan meninggal dunia. Jenazah pria berusian 38 tahun tersebut telah diserahkan petugas kepada pihak keluarga korban. Hal ini disampaikan Koordinator Pos SAR Parapat, Danau Toba, Octo Tambunan. “Korban kita temukan setelah mengambang,” katanya.

Octo Tambunan mengaku bahwa kondisi sungai, dimana tempat korban ditemukan diperkirakan memiliki kedalaman lebih dari 1,5 meter. Kemudian aliran airnya cukup deras sehingga tidak memungkinkan bagi petugas untuk melakukan penyelaman. “Kita temukan mengambang karena memang sudah waktunya mengambang, karena sudah tiga hari di dalam air. Itu secara otomatis,” ucapnya.

Dijelaskan, sebelumnya tim gabungan dan masyarakat sekitar kesulitan mencari keberadaan jenazah korban karena derasnya arus sungai. Kemudian diperkirakan di dasar sungai, dimana korban ditemukan mengambang, ada kubangan yang dimungkinkan tubuh korban terhimpit.

Untuk diketahui, sebelumnya Rahman bersama delapan orang anggota keluarganya, terdiri dari tiga orang dewasa dan lima orang anak-anak berangkat ke sungai untuk mandi-mandi. Setibanya di bibir sungai, tiba-tiba anak-anak melompat ke sungai dengan waktu yang hampir bersamaan. Pertama adalah Yogi. Begitu masuk ke sungai, Yogi langsung hanyut tetapi dapat diselamatkan Lisnawati (44).

Kemudian, anak-anak lainnya melompat dan turut hanyut. Rahman sempat berusaha menolong, tapi takdir berkata lain. Ia pun turut terseret air bersama korban lainnya. Dalam peristiwa total korban ada enam orang.

Adapun korban saat kejadian tersebut adalah, Rahman usia 38 tahun, Eva Naibaho (kakak Rahman) berusia 44 tahun, Firli Ayu (anak Eva Naibaho) berusia 12 tahun, Fitri Ayu (anak Eva Naibaho) berusai 10 tahun, Feby Ayu (anak Eva Naibaho) berusia 8 tahun dan Rizki (anak kerabat Eva Naibaho) berusia 8 tahun. Semua tercatat sebagai warga Desa Paya Bagas, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Serdangbedagai. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *