by

Gara-gara Hak Waris Seorang Anak Perempuan Gugat Ayah Kandungnya

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Hubungan seorang ayah berusia 91 tahun, Hangga Halim Damanik dengan anak perempuannya Hotmarina Damanik retak. Persoalan bermula dari harta berupa rumah dan tanah seluas 3.786 meter dan Hotmarina telah menggugat ayahnya sesuai Pasal 210 ayat 1 Kompilasi Hukum Islam (KHI) tentang Hibah di Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Mestinya sidang digelar, Senin (20/7), namun terpaksa ditunda karena Hangga tidak bisa hadir lantaran fisiknya kurang sehat faktor usia. Saat ini Hangga lebih banyak menghabiskan waktunya berbaring di tempat tidur.

Informasinya, Hangga memiliki 5 anak. Namun satu diantaranya yaitu Ali Damanik, menurut Hotmarina, bukan saudara kandungnya, melainkan anak yang dititipkan seseorang alias anak angkat. Sementara  Hangga diketahui telah menyerahkan hak waris kepada Ali  Akta Hibah No. 279/K.S/1994 Tanggal 28 Desember dan inilah yang membuat Hotmarina tidak terima.

Perempuan berusia 52 tahun itu mengajukan gugatan bersama tiga orang cucu Hangga, yakni Fitri Herawati Pakpahan, Titin Romaito dan Muhammad Dedi Pakpahan, turut menjadi penggugat. Ketiga cucu itu merupakan anak dari kakak Hormarina. Hal ini tertara dalam data dari sistem informasi Pengadilan Agama Pematangsiantar, Hangga menjadi tergugat atas pembatalan akta hibah atas rumah yang tempatinya bersama anak bungsunya di Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba, Pematangsintar.

Mengenai itu, Hangga, lewat kuasa hukumngnya, Chucha mengatakan bahwa penggugat menilai bahwa harta sebidang tanah dengan luas 3.786 milik kliennya yang diberikan kepada Ali Damanik juga tidak tepat sasaran. Karena dalam surat gugatan tersebur, Ali disebutkan merupakan anak titipan dari seseorang bernama Ridwan Saleh Damanik pada tahun 1978.

Sementara dalam akta lahir atau administrasi negara, Ali tercatat sebagai anak kandung. Chucha berharap  perkara ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Pada kesempatan yang sama, Ali mengaku sudah mendengarkan rumor tentang statusnya dalam keluarga sejak ia hendak menikah.(Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *