by

Kaldera Toba Resmi Masuk UNESCO Global Geopark Kapolres Simalungun Jamin Keamanan

Simalungun, Kabarnas.com – Kabar baik tentang kawasan Danau Toba, yaitu pengakuan Dewan Eksekutif UNESCO menjadikan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209, turut menjadi perhatian Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo. Dalam hal ini,  Kapolres Simalungun sebagai instansi yang menaungi sejumlah kawasan Danau Toba, seperti Parapat dan Tigaras, siap menyiapkan langkah-langkah untuk mewujudkannya sebagai destinasi dunia.

Sebagai penegak hukum, Agus Waluyo akan memberikan pelayanan keamanan, termasuk di masa pandemi Covid-19, mengingat objek-objek wisata telah banyak dikunjungi wisatawan, anggotanya akan bekerja agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Agus Waluyo mengatakan, bisnis wisata harus memberikan pelayanan terbaik, yakni menerapkan Clean Safety Health (CSH). Semua harus disiapkan. Semua kegiatan arahnya ke Clean Safety Health. Untuk itu, kata Kapolres Simalungun, pihaknya akan menindak tegas pelaku-pelaku kriminal di kawasan Danau Toba, khususnya pelaku pungutan liar (pungli). Ia tidak lupa meminta dukungan masyarakat, termasuk memberikan laporan atas adanya pungli.

“Walaupun masa pandemi, wisata sudah berjalan, perhotelan silakan buka. Tapi harus memenuhi protokol kesehatan. Tetap jaga jatak, pengunjung dan karyawan hotel pakai masker dan kegiatan yang mengundang keramaian harus dibatasi,” kata Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Kamis (16/7).

Mantan Kapolres Toba ini menuturkan, Mabes Polri dan Polda Sumut juga telah mengeluarkan instruksi agar lebih meningkatkan pengamaman di kawasan Danau Toba. Hal itu untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. “Kita sudah buat posko di 3 titik. Ada di Pantai Bebas, di depan Hotel Inna Parapat dan Tigaras,” terangnya. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *