by

NasDem Sah Rekomendasikan Asner-dr Susanti Maju di Pilkada Siantar

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kota Pematangsiantar, Frans Herbert Siahaan memastikan bahwa partainya resmi mengusung Asner Silalahi berpasangan dengan dr Susanti Dewayani. Sikap itu ditandai dengan penyerahan surat rekomendasi di kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Provinsi Sumatera Utara, Rabu (15/7).

Frans Herbert Siahaan menjelaskan, surat rekomendasi tersebut langsung diserahkan ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar didampingi ketua Bapilu, Salman Ginting kepada pasangan yang menjadi Calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar, Asner Silalahi dengan dr Susanti.

Surat rekomendasi itu ditanda tangani Wakil Ketua Umum DPP NasDem, Ahmad dan ketua koordinator Pemenangan Pemilu, Prananda Surya Paloh.  “Yang pasti mengenai surat DPP NasDem mengusung Asner Silalahi dengan dr Susanti benar,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Ia mengakui bahwa surat rekomendasi partai tidak bisa dibawa ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai syarat pencalonan, tetapi surat rekomendasi akan disusul dengan Surat Keputusan (SK) yang bertanda tangan adalah Ketua Umum DPP NasDem.

“Kalau sudah ada surat rekomendasi, pastinya akan dikeluarkan SK yang akan dibawa ke KPUD. Dan ini tidak akan berubah, kecuali pasangan (yang diusung) tidak memenuhi persyaratan sebagaimana syarat-syarat yang ditetapkan KPUD,” terangnya.

Anggota DPRD ini pun mengatakan, alasan partai binaan Surya Paloh menetapkan Asner Silalahi dan dr Susanti tentu tidak lepas dari kelayakan. Ditambahkan, sebelumnya NasDem telah menetapkan peraturan penjaringan bakal calon dan dari beberapa orang yang mendaftarkan diri, hanya nama Asner Silalahi yang memenuhi kriteria layak.

“Dia (Asner) yang memenuhi semua, mulai dari hasil lembaga survey. Kemudian, waktu ada Covid-19, Asner Silalahi membantu masyarakat. Kan itu tanda-tanda keseriusan. Itu juga menjadi salah satu alasan,” ucapnya.

Ditegaskan juga, partai siap bekerjasama dengan partai-partai pengusung lainnya. Tujuan utamanya adalah bagiamana pasangan Asner Silalahi dan dr Susanti menang untuk kemudian hari memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga terjadi pembangunan secara maksimal.

“Yang paling utama adalah bagaimana melayani masyarakat,” terangnya dengan menambahkan bahwa sejauh ini partai NasDem menjadi partai yang paling banyak memenangkan kepala daerah di seluruh Indonesia.

“Pesan DPP dan DPW NasDem adalah bagaimana pasangan yang  kita usung bisa memajukan Kota Pematangsiantar. Soal loyal kepada partai, itu nomor kedua. Paling utama melayani masyarakat. Makanya kita tidak perlu mahar-mahar dan itu komitmen sejak awal. Intinya, siap melayani. Bagaimana menjalankan roda pemerintahan secara baik,” terangnya.

Untuk diketahui, dengan rekomendasi NasDem tersebut telah menambah jumlah partai politik yang mengusung pasangan ini. Mulai dari Hanura dengan 4 kursi, Demokrat 3 kursi, Golkar 5 kursi, PKPI 1 kursi. Ditambah dengan NasDem 4 kursi, maka total kursi yang mengusung Asner Silalahi dan dr Susanti sebanyak 17 kursi. Saat ini partai yang belum menentukan sikap adalah PDI Perjuangan, PAN dan Gerindra. Seluruhnya 13 kursi di DPRD.  (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *