by

Rektor USU Positif Covid-19, Kontak Eratnya Diminta Cek Kesehatan

Medan, Kabarnas.com – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Prof Runtung Sitepu dan Wakil Rektor I Rosmayati Tanjung dinyatakan positif corona setelah hasil swab keluar. Hal ini dibenarkan Kepala Humas dan Protokoles USU, Elvi Sumanti, Minggu (12/7). Kasus yang dialami Rektor USU diketahui sejak Jumat yang lalu.

Selain kedua orang itu, seorang anggota Majelis Wali Amanat USU Darma Bakti juga dinyatakan terpapar Covid-19.  Sejauh ini pasien terlihat sehat dan masuk Orang Tanpa Gejala (OTG). Namun Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 telah melakukan penanganan medis dengan menerapkan isolasi.

Untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19, Elvi Sumanti mengharapkan semua orang yang merasa pernah berinteraksi aktif dengan semua pasien agar melakukan isolasi mandiri, dan jika perlu memeriksakan diri. “Kami imbau untuk segera melakukan tes swab di RS USU jika pernah melakukan kontak dengan para pimpinan,” kata Elvi.

Rektor USU sendiri diketahui positif Covid-19 setelah memutuskan diri bersama menantunya yang bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Royal Prima. Runtung mengatakan, begitu  terkonfirmasi positif Covid-19, dirinya pun memilih melakukan isolasi mandiri di kebun yang tidak jauh dari rumah dinas USU.

Runtung sendiri berharap agar semua pihak yang mungkin pernah kontak dengannya agar bisa memeriksakan diri, dan itulah alasannya terbuka ke publik. Menurutnya, sekitar satu minggu yang lalu pernah melakukan wawancara tata muka dengan sejumlah wartawan. “Siapapun yang pernah kontak dengan saya agar langsung tes atau isolasi mandiri,” pesannya.

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) GTPP COvid-19 Provinsi Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah membenarkan kondisi Rektor USU. Ia pun mengajak masyarakat Sumut agar lebih waspada dan berhati-hati, terutama tetap mematuhi protokol kesehatan. “Jangan lengah,” terangnya. (Man)

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *