by

GTPP Covid-19 Sumut Kuatir Rumah Sakit Dipenuhi Pasien Covid-19

Medan, Kabarnas.com – Jumlah terpapar Covid-19 di Sumatera Utara terus mengalami peningkatan dan hal ini dikuatirkan akan membuat rumah sakit rujukan Covid-19, penuh. Demikian disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Mayor Kes, dr Whiko Irwan, Kamis (9/7).

“Dari 21 rumah sakit di Kota Medan dan sekitarnya memiliki ruang isolasi beserta tempat tidurnya sebanyak 757 buah. Sementara saat ini seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Medan telah merawat sebanyak  575 orang penderita Covid-19 sehingga sisa yang bisa dipergunakan untuk pasien baru dan rujukan sebanyak 182 orang,” katanya dalam siaran pers.

Ia menambahkan, berapa pun jumlah rumah sakit rujukan yang disediakan pemerintah di Sumatera Uara, diyakini akan penuh jika penularan Covid-19 terus terjadi. Untuk itu, kata Whiko, perlu segera mungkin memutus mata rantai penyebarannya Covid-19. “Kasihanilah orangtua kita yang sudah lanjut usia, anak atau orang-orang dekat kita yang rentan terpapar Covid-19,” jelasnya.

Ditekankan, melaksanakan protokol kesehatan menjadi satu-satunya cara mencegah penyebaran Covid-19, mengingat belum adanya vaksi untuk penyakit tersebut. “Disiplin dan bersabarlah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Jika semua orang menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin bisa menekan angka  sebarannya,” teragnya.

Adapun saat ini jumlah pasien positif terpapar Covid-19 di Sumatera Utara mencapai 2.085 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 252 orang, berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 1.690 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 115 orang. Sementara yang sembuh hanya 514 orang. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *