by

Asner Silalahi Berpeluang Besar Diusung PDI Perjuangan, Ini Alasannya

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Pertengahan bulan Juli ini, Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI) Perjuangan Kota Pematangsiantar akan mengumumkan nama bakal calon yang akan diusung untuk merebut kursi Wali Kota. Hal ini dibenarkan Imron Togi Siregar selaku Ketua Tim Penjaringan, Rabu (8/7).

Ia mengakui ada 5 nama yang diusulkan DPC PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) melalui Dewan Pengurus Daerah (DPD). Namun yang mengikuti tahapan sesuai yang telah diprogramkan PDI Perjuangan hanya 4 orang, antara lain Asner Silalahi, Astronod Nainggolan, Liberty Panjaitan dan Ferri Ojak Naibaho.

“Kita di Kota Siantar hanya melakukan penjaringan, kemudian DPP itu berhak melakukan penyaringan untuk menetapkan siapa. Namun DPP tetap meminta pertimbangan dari DPC dan DPD PDI Perjuangan. Artinya peta itu (siapa berpeluang untuk menang) sudah kita sampaikan,” jelasnya.

Ia mengakui semua orang memiliki peluang untuk diusung PDI Perjuangan, termasuk Hefriansyah. Namun, kata Togi Siregar, salah satu barometer untuk menentukan nama seseorang diusung PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar adalah hasil survei dan juga orang yang mendaftarkan diri.

“Survei sudah dilakukan DPP pada awal Januari 2020.  Kalau tidak salah, di bulan Februari kita sudah dipanggil DPD untuk meminta peta kekuatan masing-masing calon yang mendaftar itu. Kemudian DPD menurunkan tim survei. Jadi sekarang kita tinggal menunggu rekomendasi,” ucapnya.

Togi Siregar tidak menepis soal nama Asner Silalahi lebih ditonjolkan atau diunggulkan untuk dijadikan bakal calon dari PDI Perjuangan. Togi Siregar beralasan bahwa Asner Silalahi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan calon-calon lainnya. “Yang kita arahkan Asner,” jelasnya sembari menekankan bahwa dari hasil survei nama Asner Silalahi lebih unggul dari siapapun.

Disinggung adanya issu kemungkinan Hefriansyah akan diusung PDI Perjuangan, Togi Siregar pun menepisnya. Ia mengaku sejauh ini tidak mendengar adanya nama Hefriansyah diperbincangkan untuk kelak diusung partai binaan Megawati tersebut. “Tidak ada terdengar seperti itu. Justru kemarin, waktu kita rapat dengan DPP melalui webinar (seminar lewat website), justru Asner yang diikutkan dalam rapat itu sebagai Calon Wali Kota yang disebutkan DPP,” tutupnya.

Terpisah, Asner Silalahi mengaku bahwa dirinya pernah dua kali turut serta mengikuti rapat besar PDI Perjuangan yang diselenggarakan DPP PDI Perjuangan melalui webinar. Ia pun berharap besar PDI Perjuangan menetapkan namanya sebagai calon untuk diusung di pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk diketahui, dari 30 orang anggota DPRD Kota Pematangsiantar, sebanyak 8 orang dari PDI Perjuangan. Sedangkan syarat calon sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020 revisi ketiga PKPU Nomor 3 Tahun 2017, seseorang dapat diusung partai politik yang memiliki 20 persen dari jumlah anggota dewan.(Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *