by

Hefriansyah Dinilai Gagal Menekan Sebaran Covid-19, DPRD Siantar Usulkan Pansus

Pematangsiantar, Kabarna.com – Gugus Tuga Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Pematangsiantar belakangan ini terus menjadi sorotan miring karena dinilai tidak mampu menekan sebaran virus, sementara dana yang dipergunakan cukup besar. Selain itu muncul juga soal dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos).

Jika unjuk rasa telah dilakukan mahasiswa yaitu Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Siantar-Simalungun karena menilai kinerka Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah buruk menangani Covid-19, pihak Institute Law And Justice (ILAJ) yang diketuai Fawer Full Sihite, menyebutkan bahwa penyaluran bansos tahap I dan II diduga tidak disalurkan sesuai besaran yang telah ditentukan, dari Rp 200 ribu malah ke tangan warga hanya Rp 170 ribu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar ikut angkat bicara atas ‘kegagalan’ Hefriansyah menangani Covid-19. DPRD mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus). Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Lingga mengaku dalam waktu dekat akan mengadakan rapat paripurna untuk membahas agenda tersebut.

“Pansus itukan usulan anggota DPRD dari beberapa fraksi yang disampaikan kepada ketua DPRD. Memang sudah ada beberapa usulan dari beberapa anggota DPRD, nanti kita akan tindaklanjuti. Jika akan dibentuk tentu harus ada rapat Paripurna DPRD,” jelasnya, Selasa (7/7).

Sebelumnya, anggota DPRD Pematangsiantar Daud Simanjuntak mengatakan pembentukan Pansus sangat penting melihat progres pencegahan dan penanganan COVID-19 Pematangsiantar yang belum maksimal. Usulan Pansus pun sudah disampaikan fraksinya yaitu fraksi Golkar. “Harusnya kurva penyebaran menurun, namun ini sebaliknya semakin naik,” jelasnya sembari menyampaikan rasa kecewanya karena beberapa masukan dari DPRD ke Pemko Pematangsiantar terabaikan.

Terpisah, Denny Siahaan dari fraksi PDI Perjuangan mengatakan, Pansus sangat dibutuhkan sehingga DPRD dapat mengawasi pelaksanaannya. Mengenai issu miring tersebut, Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Pematangsiantar, Daniel Siregar ketika diminta tanggapannya , belum memberikan respon. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *