by

Hanura dan Demokrat Ditangan Asner Silalahi-dr Susanti, Melobi Parpol Lain Berjalan

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Asner Silalahi bersama seorang dokter di Kota Pematangsiantar, yaitu dr Susanti terus berupaya mendapatkan dukungan dari petinggi atau pengurus Partai Politik (Parpo) agar kelak bisa diusung menjadi Pasangan Calon (Paslon) merebut kursi  kepala daerah di kota ini. Usaha yang telah dikerjakan untuk memenuhi syarat pencalonan tersebut pun sudah membuahkan hasil. Hal ini dibenarkan sendiri oleh Asner Silalahi., Minggu (5/7).

Asner Silalahi mengakui bahwa saat ini dua parpol yang telah mempercayakan dirinya maju di Pilkada 2020, yaitu Hanura dan Demokrat. Secara komposisi jumlah kursi, dua parpol ini telah memenuhi syarat pencalonan. Sebagaimana diketahui, jumlah anggota DPRD dari Hanura sebanyak 4 kursi dan Demokrat sebanyak 3 kursi. Totalnya 7 kursi.

Walau sudah memenuhi syarat, Asner Silalahi mengaku masih berjuang untuk memperoleh dukungan dari Parpol lainnya. Asner Silalahi pun tidak menepis soal usahanya untuk mendapatkan hati pengurus parpol NasDem. “Kalau untuk Demokrat dan Hanura sudah positif (mengusung),” jelasnya sembari mengungkapkan bahwa semuanya merupakan energi dan menambah semangat sekaligus kekuatan baru untuk melaksanakan pesta demokrasi di Kota Pematangsiantar.

Mengenai usahanya untuk memperoleh dukungan penuh dari beberapa parpol, menurut Asner Silalahi, itu merupakan langkah politik membangun Kota Pematangsiantar jika kelak dirinya bersama pasangannya terpilih. Asner Silalahi berasalan, eksekutif dan legislatif merupakan dua lembaga yang memilki peran sama pentingnya untuk membangun Kota Pematangsiantar.  “Untuk melaksanakan pemerintahan itu, stabilitas antara kita dengan partai harus seimbang. Jadi, wajib kita melobi partai yang lain,” terangnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Hanura Kota Pematangsiantar, Ronald Tampubolon membenarkan adanya rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hanura kepada DPC Hanura Pematangsiantar untuk mengusung  Asner Silalahi-dr Susanti sebagai paslon kepala daerah di pemungutan suara 9 Desember mendatang. Ronald Tampubolon sendiri mengaku seluruh pengurus maupun kader Hanura dengan segala upaya telah siap memenangkan pasangan tersebut. Sebelumnya, Sekretaris DPC Demokrat, Ilhamsyah Sinaga juga membenarkan adanya surat rekomendasi DPP Demokrat untuk mengusung pasangan tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar Daniel Sibarani mengatakan bahwa syarat pencalonan diatuar melalui Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020 revisi ketiga PKPU Nomor 3 Tahun 2017. Ada dua syarat pencalonan dari jalur parpol, pertama melalui perolehan kursi DPRD, yaitu 20 persen dari jumlah kursi yang ada di Kota Pematangsiantar atau 20 persen dari 30 kursi. Kedua, 25 persen dari jumlah suara sah yang diperoleh parpol yang memiliki kursi di DPRD.

“Bisa dicalonkan parpol terkait walau jumlah DPRD-nya tidak sampai 20 persen. Misalnya Demokrat, jumlah kursi yang diperoleh di DPRD hanya tiga, tetapi jika partai ini memperoleh 25 persen suara sah dari jumlah suara sah di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun lalu maka bisa mengusung satu pasangan,” terangnya. (Man)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *