by

DANA BLT COVID-19 DESA LOBUSIREGAR I KEMBALI DIBAGIKAN.

Taput, Kabarnas.com – Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid 19, yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak akan virus corona yang menyerang dunia sehingga menimbulkan kematian yang begitu banyak, terutama warga yang terkena PKH, penyakit menahun, cacat dan lainnya yang terimbas, Rabu(1/7) di desa Lobusiregar I, Kecamatan Siborongborong, Kab. Tap. Utara kembali dikucurkan.

Pengucuran dana  tersebut turut disaksikan BPD Lobusiregar I, Kades Lobusiregar I Marudur Siahaan, Babinsa serta Camat Kecamatan Siborongborong, Joshua Napitupulu.

Dalam sambutannya M. Siahaan Kades Lobusiregar I mengatakan, agar warga yang menerima dana BLT tersebut bisa mempergunakan dengan sebaik-baiknya dan digunakan untuk yang perlu saja, seperti mendukung di bidang pertanian serta membeli susu untuk para lansia, agar stamina dan kesehatan tetap terjamin di masa corona ini.

“Banyaknya nada-nada sumbang tentang pengucuran BLT yang terlambat datangnya bukan kehendak pemerintah desa, dananya cair dari Bank langsung dicairkan. Dana ini cair dari Bank baru jam 15.00 wib tadi, jadi untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan sebab ini uang negara makanya sore ini langsung kami bagikan,” lanjut Kades yang mendapat tepuk tangan dari warga.

 

Kades Lobusiregar I M Siahaan menyerahkan langsung BLT kepada warga lansia boru Silitonga.jpg

Sementara itu, Camat Siborongborong Joshua Napitupulu dalam pengarahannya kepada warga yang menerima BLT COVID-19 menegaskan agar warga dapat mempergunakannya dengan baik.

Menurut Napitupulu, penduduk Lobusiregar I yang berjumlah 608 kk, yang menerima dana BLT berjumlah 349 kk. Dana BLT tersebut bersumber dari dana desa.

Camat memaparkan Desa Lobusiregar I mendapatkan dana desa tahun 2020 totalnya Rp. 850 juta rupiah dana tersebut seyogyanya dipergunankan untuk pembangunan sarana dan prasarana desa.

Namun karena situasi sekarang, dana tersebut dipergunakan untuk penanggulangan Covid 19 aja sudah menelan biaya Rp. 748 juta maka diartikan pembangunan phisik di desa Lobusiregar I thn 2020 ini tak mungkin lagi terelealisasi.

(Dana BLT 349 KK x rp. 600.000  dikalikan 3 priode pencairan totalnya 628 juta rupiah lebih ditambah dana penanggulangan Covid 19 sejumlah Rp. 120 jt jadi total jumlah 748 jt lebih-red).

Pemberian dana BLT kepada warga desa Lobusiregar I.jpg

Dana covid susulan seperti desa-desa lain yang mengucurkan dana BLT lanjutan (setelah pengucuran BLT 3 bulan selesai ), maka Lobusiregar I tak mungkin lagi ada, sebab dana untuk itu tidak memungkinkan lanjut Napitupulu kemudian.

Penyerahan langsung dana tersebut kepada warga diberikan secara bergiliran oleh BPD, Babinsa, Kades serta Camat Siborongborong. (TS).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *