by

Delapan Program Tumbur Napitupulu untuk Simalungun Dinilai “Baik”

Kabarnas,Simalungun – Delapan program Tumbur Napitupulu untuk Simalungun cukup baik untuk memajukan Kabupaten Simalungun, demikian dikatakan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Sosial Masyarakat (PKSM) Siantar – Simalungun Agustinus Sianipar kepada Kabarnas ini.

Ir Agustinus Sianipar mengatakan delapan program Tumbur Napitupul yaitu (1) Pendidikan Gratis (Kartu Simalungun Pintar), (2) Kesehatan Gratis (Kartu Simalungun Sehat), (3) Bea Siswa Berprestasi ke Perguruan Tinggi (4) Membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), (5) Membentuk Balai Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan Keterampilan, (6) Membangun Infrastruktur Pedesaan, (7) Meningkat¬kan Pelayanan Masya¬rakat dengan Pemben¬tukan Sistem Pelayanan Satu Atap, (8) Memajukan Sektor Pertanian dan Parawisata memang cukup menyentuh dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Dikatakan selanjutnya yang paling penting selanjutnya adalah bagaimana upaya dan strategi agar kedelapan program tersebut bisa diwujudkan tentulah membutuhkan partisipasi dan dukungan masyarakat.
Dijelaskan Agustinus Sianipar kedelapan program tersebut masih perlu untuk dijelaskan secara mendalam kepada masyarakat misalnya Program Pendidikan Gratis yang bagimana yang dimaksudkan apakah sejak SD – SMA kalau itu yang dimaksudkan sekarangpun sudah gratis, apakah swasta juga akan digratiskan inilah yang perlu diperjelas. Program ini sudah cukup baik akan tetapi perlu penjelasan yang lebih gamblang ujarnya.

Selanjutnya Program Kesehatan Gratis (Kartu Simalungun Sehat) ini juga sudah baik akan tetapi perlu penjelasan karena saat ini sudah ada program Kartu Indonesia Sehat (KIS). Apakah seluruh masyarakat akan mendapatkan Kartu Simalungun Sehat atau apakah penerima KIS akan diperluas cakupannya. Semangat Tumbur Napitulu untuk membuat Program Kesehatan Gratis sudah baik ujar Agustinus Sianipar.

Program Beasiswa Berprestasi ke Perguruan Tinggi juga sudah baik apalagi saat ini sudah banyak program pemerintah untuk memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi untuk ke Perguruan Tinggi.

Program lainnnya sudah cukup bagus membentuk Badan Usaha Milik Desa sudah cukup bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat begitu juga dengan membentuk Balai Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan Keterampilan, Membangun Infrastruktur Pedesaan, Meningkatkan Pelayanan Masyarakat dengan Pembentukan Sistem Pelayanan Satu Atap, Memajukan Sektor Pertanian dan Parawisata memang cukup menyentuh dan sesuai kebutuhan masyarakat Kabupaten Simalungun semoga bisa terwujud ujar Agustinus Sianipar. (nu)

Comment

News Feed