by

CSKA Moskow permalukan Real Madrid 3-0

Kabarnas, Jakarta – CSKA Moskow permalukan tuan rumah sekaligus juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, dengan skor 3-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup G di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis (13/12) dini hari WIB.

Mengingat timnya sudah pasti melenggang ke fase 16 besar, pelatih Real Madrid, Santiago Solari pada laga tersebut, menurunkan banyak pemain lapis kedua.

Dilini tengah, Solari menurunkan Federico Valverde dan Marcos Llorente dengan mengistrahatkan Luka Modric dan Toni Kroos.

Sedangkan barisan pertahanan Madrid dikawal duet Jesus Vallejo dan Javi Sanchez dengan mengistrahatkan Raphael Varane dan Sergio Ramos. Madrid sebetulnya sempat memperoleh peluang emas pada babak pertama, tepatnya menit ke-24, saat Junior Vinicius melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis kiper Igor Akinfeev dan Marco Asensio yang memperoleh bola muntah hanya bisa membentur tiang gawang.

Kekalahan tersebut membuat Madrid menderita kekalahan terburuk mereka dalam laga kandang Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Gol pembuka CSKA tercipta menit ke 37′, dimana  aksi individual Sigurdsson melewati para gelandang Madrid  lalu memberikan umpan kepada Fedor Chalov yang berhasil menaklukkan Thibaut Courtois.

Menit 43′  CSKA menggandakan keunggulan mereka lewat gol Schennikov yang berhasil memanfaatkan bola liar akibat tembakan Mario Fernandes yang tak mampu diantisipasi sempurna oleh Courtois. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Tertinggal dua gol Solari merubah strateginya dengan memasukkan Kroos menggantikan Llorente serta Gareth Bale menggantikan  Karim Benzema.

Namun, strategi tersebut tidak membuahkan hasil, justru sebaliknya CSKA  menambah keunggulan mereka menjadi 3-0. Umpan tarik Nikola Vlasic pada menit ke 73′ berhasil disambut dengan tendangan sempurna Sigurdsson sehingga Courtois memungut bola dari dalam gawangnya untuk ketiga kalinya.

CSKA menjadi satu-satunya tim yang bisa memenangi dua pertemuan di fase penyisihan grup melawan Madrid di Liga Champions sejak terakhir kali hal serupa dilakukan oleh Juventus pada musim 2008-2009 silam.

Statistik pertandingan menunjukkan Madrid memiliki 68 persen penguasaan bola dengan 19 percobaan tembakan, enam di antaranya menemui sasaran. CSKA yang hanya memiliki 32 persen penguasaan bola, dari lima tembakan tepat sasaran berhasil mencetak tiga gol.

Walaupun kalah tapi Real Madrid tetap  lolos ke babak 16 besar bersama AS Roma. hal tersebut berbanding terbalik dengan CSKA,  kemenangan di Santiago Bernabeu tak mengubah posisi mereka di dasar klasemen dengan raihan 7 poin, dimana Viktoria Plzen berhasil meraih tujuh poin berkat menang di kandang AS Roma yang berhasil meraih 9 poin.

Plzen menjadi tim yang berhak memperoleh satu tiket ke babak 32 besar Liga Europa.

Susunan pemain kedua tim: Real Madrid (4-2-3-1): Thibaut Courtois; Alvaro Odriozola, Jesus Vallejo, Javi Sanchez. Marcelo (Dani Carvajal); Federico Valverde, Marcos Llorente (Toni Kroos); Marco Asensio, Isco Junior Vinicius; Karim Benzema (Gareth Bale)

CSKA Moskow (3-4-2-1): Igor Akinfeev; Kirill Nababkin, Rodrigo Becao, Hordur Magnusson; Mario Fernandes, Kristijan Bistrovic, Ivan Oblyakov (Konstantin Kuchaev), Georgi Schennikov; Arnor Sigurdsson (Takuma Nishimura), Nikola Vlasic; Fedor Chalov (Abel Hernandez) Pelatih: Viktor Goncharenko

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *