by

Amran Sinaga kunjungi UKM milik Abidinsyah Saragih

-Daerah-266 views

Simalungun, Kabarnas – Usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di negara kita dan merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia.

Untuk itu, Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat perlu dilindungi dari persaingan usaha global saat ini.

Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi beberapa waktu lalu datang mengunjungi Nagori Rabuhit Hataran, Kecamatan Gunung Maligas dalam rangka pelayanan dan mendengar aspirasi langsung kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu Wabup juga meninjau langsung UMKM penggilingan bungkil sawit dan pengolahan konsentrat milik Abidinsyah Saragih.

Pada kunjungan itu Amran Sinaga bertatap muka dan menyapa para karyawan serta mendengarkan arahan proses awal penggilingan bungkil sawit dan cara proses pembuatan konsentrat untuk pakan ternak.

Dimulai dengan beberapa bahan baku seperti bungkil sawit, onggok, tetes tebu dan bahan-bahan lainnya lalu dimasukkan kedalam mesin mixer untuk proses pencampuran hingga terbentuklah konsentrat lalu dikemas didalam goni.

dan selanjutnya dikirim ke konsumen, untuk harga perkilonya konsentrat dijual seharga Rp2400 , bungkil sawit halus Rp1800 dan tetes tebu Rp4500 kata Jerry anak dari pemilik usaha tersebut.

Wabup mengatakan bahwa Simalungun merupakan daerah peternak lembu dan masyarakatnya banyak memelihara lembu untuk dikembangbiakan jadi dengan adanya konsentrat ini dapat menambah nilai kandungan gizi ternak,” ujarnya.

“Saya berterima kasih atas kehadiran kedatangan Amran yang sudah berkunjung kekampung kami dan juga berharap agar pemkab dapat memberikan kemudahan dalam hal penambahan modal dan urusan masalah surat administrasi dan dapat menjadi mitra untuk yang akan datang, ” kata Abidinsyah Saragih.(Nu)

Comment

News Feed