by

Amran & Saut Berpeluang Besar Diusung PDI Perjuangan Simalungun

-Politik-796 views

Simalungun, Kabarnas – Ir Amran Sinaga dan Saut Bangkit Purba berpeluang besar diusung PDIP Simalungun menjadi Calon Bupati Simalungun pada Pilkada 2020.

Demikian dikatakan Rizal Sipayung SE Direktur Eksekutif Kelompok Studi Ilmu Sosial (KesiS) Siantar – Simalungun kepada Kabarnas Rabu 4 September 2019.

Rizal Sipayung SE mengatakan Amran dan Saut sudah mengambil formulir pendaftaran Calon Bupati Simalungun ke PDIP pada hari pertama pendaftaran tanggal 3 September 2019 sementara pengambilan formulir akan dilakukan hingga tanggal 8 September 2019.

Selain Amran dan Saut ada lagi yang juga mengambil formulir pada hari pertama yaitu Radiapoh Sinaga, Tumbur Napitupulu dan Jufriaman Saragih.

Selanjutnya PDIP Simalungun tentu akan melakukan mekanisme seleksi secara internal untuk menentukan siapa yang akan diusung PDIP ujar Rizal Sipayung.

Dikatakan Rizal Sipayung sesuai pengamatan KesiS dua nama yaitu Ir Amran Sinaga MSI dan Saut Bangkit Purba SE paling berpeluang diusung PDIP dengan pertimbangan masing – masing.

Ir Amran Sinaga MSi saat ini adalah Wakil Bupati Simalungun sehingga disebut Petahana.

Sebagai Petahana tentulah Amran memiliki banyak keunggulan karena pengalamannya selama ini.

Selain itu juga PDIP terkesan lebih sering mendukung Petahana sebagak figur yang akan diusung sebagai Calon Kepala Daerah.

Selanjutnya kursi PDIP di DPRD Simalungun hanya 8 kursi dibutuhkan minimal dua kursi lagi baru bisa mengusung Calon sehingga PDIP mestinya berkoalisi dengan Parpol lain dan Amran Sinaga adalah Wakil Ketua Demokrat Simalungun sehingga sangat mungkin berkoalisi dengan PDIP ujar Rizal Sipayung.

Lebih lanjut Rizal Sipayung mengatakan Saut Bangkit Purba anggota DPRD Sumut terpilih Partai Demokrat juga sangat berpeluang diajukan PDIP Simalungun dengan alasan Saut Bangkit Purba memiliki keeratan dengan PDIP bahkan pada Pileg April 2019 lalu Saut Bangkit Purba SE hampir saja maju dari PDIP.

Kedekatan Historis Saut Bangkit Purba dengan PDIP sudah berlangsung lama sehingga memudahkannya berkomunikasi dengan PDIP.

Sebagai Calon Terpilih Anggota DPRD Sumut tentulah Saut Bangkit Purba mendorong PDIP dan Demokrat berkoalisi mengusung Calon Bupati Simalungun.

Perolehan kursi Demokrat di DPRD Simalungun sebanyak 7 Kursi bila bergabung dengan PDIP 8 kursi berjumlah 15 kursi sudah lebih dari cukup mengusung Calon Bupati Simalungun ujar Rizal Sipayung.(nu)

Comment

News Feed