by

Wakil Bupati Simalungun menghadiri Acara Peda KTNA Sumatera Utara

Kabarnas, Simalungun – Wakil Bupati Simalungun menghadiri Pekan Daerah (Peda) Sumatera Utara yang dilaksanakan di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara, Selasa 16/07/2019.

Peda KTNA tersebut di gelar mulai 16 s/d 19 Juli 2019 yang menampilkan berbagai produk pertanian unggulan dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Seperti hasil dari Kabupaten Simalungun, Kopi Arabika menjadi primadona para pengunjung di acara itu, terutama bagi para pecandu kopi. Hal itu disebabkan proses penyajian kopi secara langsung oleh KTNA Simalungun yang di mulai dari biji kopi hingga kopi siap saji dan berbagai cita rasa baik panas maupun dingin di Stand Pameran Kabupaten.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Simalungun ketika meninjau stand pameran Kabupaten Simalungun turut berbaur dengan masyarakat yang menyaksikan proses/demo pembuatan kopi.

Sejak di keluarkannya indikasi geografis ( IG) adalah Hak paten yang di terbitkan kementerian hukum dan ham dengan proses yang sangat panjang. tahun 2015 bernama kopi arabika Sumatera Simalungun yang kala itu di inisiasi Kepala Dinas Perkebunan Simalungun dipimpin Ir Amran Sinaga MSi yang kini menjadi wakil Bupati Simalungun, kopi arabika asal daerah Simalungun mendapat nama baik secara regional, nasional bahkan internasional.

Yang sebelumnya di ikuti 3 kelompok Tani Seiring dengan waktu sejak 2015 sampai sekarang sudah ada 15 kelompok yang memperoduksi kopi di Kabupaten Simalungun skala industri rumah tangga untuk menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat.

Berdasarkan penelitian yg dilakukan oleh puslit koka (kopi dan kakao) di jember jawa timur bahwa di simalungun ada 3 jenis khas cita rasa kopi arabika sumatera simalungun yakni : rasa madu,rasa panily ,rasa bunga. Hal ini membuat kopi khas simalungun menjadi lebih diminati di berbagai daerah termasuk di jakarta

Acara tersebut juga dihadiri beberapa kepala daerah dan wakil kepala daerah se-Sumatera Utara. Kabupaten Simalungun menghadirkan anggota KTNA sebanyak 40 orang dan pendamping 10 orang.(NU)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *