by

Pakar Sebut Jempol Trump Ke Jokowi Tanda Dukungan

Kabarnas.com, Jakarta – Pakar Gestur dan Mikroekspresi, Monica Kumalasari, menanggapi sejumlah foto yang menampilkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpose menunjukkan jempol di sisi Presiden Joko Widodo sebagai bentuk dukungan.

“Kalau kita lihat dari tangannya, dia konsisten menunjukkan dukungan,” kata Monica  pada Jumat(28/6).

Menurut Monica, makna universal jari jempol sendiri adalah ekspresi untuk hebat.

Dia menambahkan Presiden AS itu paham gerakan tubuh berupa jempol adalah “emblem” bagi Jokowi.
Selain itu, Trump juga memberikan senyum yang tulus.

“Senyum yang terlihat di wajah Trump melibatkan kontraksi dua otot yakni mayor zygomatik atau menaikkan sudut mulut dan obicularis oculi atau mengangkat pipi dan menghasilkan cakar ayam di sekitar mata yang melambangkan genuine smile,” tambah Monica.

Dia menilai ekspresi wajah dan gesture dari Presiden AS itu menjadi penanda kebahagiaan, kegembiraan maupun kesenangan.

“Kedua penanda ini sudah jelas bagaimana perasaan Trump yang sesungguhnya tanpa ia harus beretorika,” jelas psikoterapis itu.

Terdapat beberapa foto yang menampilkan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan para kepala negara G20, salah satunya Donald Trump, saat berada di ruang tunggu untuk sesi penyambutan resmi dan foto bersama acara KTT G20 di INTEX, Osaka, Jepang.

Presiden Jokowi mengenakan pakaian sipil lengkap yakni jas berwarna abu-abu berdasi merah, sementara Trump mengenakan jas berwarna biru dengan dasi berwarna merah muda.

Menurut keterangan Kepala Protokol Negara Andri Hadi dalam siaran pers Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, hampir semua kepala negara atau kepala pemerintahan yang bertemu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat. (SPS/ant)

Comment

News Feed