by

2 dari 16 karyawan PT Istaka Karya korban pembunuhan KKB berdarah Batak

Kabarnas, Papua, Dari  16 jenazah korban pembunuhan kelompok kriminal bersenjata (KKSB) di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, pada Minggu (2/12) dan Senin (3/12) lalu, 2 diantaranya merupakan putra Batak.

Para jenajah pahlawan pembagunantersebut diberangkatkan dari Timika, Kabupaten Mimika, ke Makassar, Sulawesi Selatan, untuk selanjutnya diantar ke kampung halamannya masing-masing. Para korban tersebut diberangkatkan dari Timika ke Makassar menggunakan pesawat Herkules milik TNI AU, Jumat (7/12), pukul 15.00 WIT.

Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi di Timika mengatakan, pemberangkatan 16 jenazah tersebut ke Makassar sesuai perintah Panglima TNI. dengan menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh TNI.

Selain itu, tambah Aidi, selain didampingi tiga orang keluarga masing-masing korban, anggota TNI dan Polri juga turut mengawal. Biaya pengantaran dan pemakaman akan menjadi tanggung jawab PT Istaka Karya.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Martuani Sormin saat melepas jenazah turutmenyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Kapolda sekaligus mengucapkan terima kasih atas dukungan doa sehingga semua proses bisa berjalan dengan baik.

Ia juga memohon dukungan doa untuk kelancaran proses pemberangkatan sampai ke tempat tujuan masing-masing. “Kami juga memohon maaf jika terjadi keterlambatan dalam proses ini sebab cuaca dan medan yang sulit juga memengaruhi proses evakuasi,” ujarnya.

Jenazah pahlawan pembangunan Trans-Papua, korban Kelompok Keriminal Bersenjata (KKB) Papua atas nama Jepri Simaremare tiba di Bandara Kualanamu Internastional, Deliserdang, Sumatera Utara, Sabtu (8/12).

Jenazah tiba Pukul 07.55 WIB di kargo Bandara Kualanamu dari Jakarta menggunakan pesawat Citilink QG 10.

Selanjutnya Pukul 08.05 wib jenazah diberangkatkan dari Kualanamu ke rumah duka di Desa Belutu Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai menggunakan ambulans.

Jenazah dari Jakarta didampingi Waldispen Sirait, Aipda Selamat Tanjung (Polres Timika), Idris (PT Istaka Karya) dan Anindita (Kementerian BUMN). Sementara yang menyambut di kargo Bandara Kualanamu Danramil 23/BRG beserta anggota Koramil.

Jepri Simaremare adalah satu dari 16 korban yang jenazahnya dikirim dari Timika Papua dan tiba pada Jumat (7/12) sore di Lanud Sultan Hasanuddin menggunakan pesawat Hercules A 1331.

Dari 16 korban penembakan hanya 14 yang diturunkan di Lanud Sultan Hasanuddin, sementara dua lainnya diterbangkan ke Jakarta untuk dibawa ke kampung halaman di Medan, Sumatera Utara dan yang satunya lagi dibawa ke NTT.

Sedangkan Efrandy Hutagaol merupakan yang merupakan staf di BBPJN Papua. Satu lagi karyawan PT iIstaka Karya bernama Riki Simanjuntak bersama M. Ali Akbar, Petrus Ramli, Hardi Ali, dan Simon Tandi hingga kini keberadaannya belum diketahui.

Berikut daftar 16 jenazah korban yang diberangkatkan ke Makassar:

  1. Agustinus T (karyawan PT Istaka Karya)
  2. Jepry Simaremare (karyawan PT Istaka Karya)
  3. Carly Zatrino(karyawan PT Istaka Karya)
  4. Alpianus, M (karyawan PT Istaka Karya)
  5. Muh. Agus (karyawan PT Istaka Karya)
  6. Fais Syahputra (karyawan PT Istaka Karya)
  7. Yousafat (karyawan PT Istaka Karya)
  8. Aris Usi (karyawan PT Istaka Karya)
  9. Yusran (karyawan PT Istaka Karya)
  10. Dino Kondo (karyawan PT Istaka Karya)
  11. Markus Allo (karyawan PT Istaka Karya)
  12. Efrandy Hutagaol (Staff BBPJN Papua)
  13. Samuel Pakiding (karyawan PT Istaka Karya)
  14. Anugrah Tolu (karyawan PT Istaka Karya)
  15. Emanuel Beli Naikteas (karyawan PT Istaka Karya)
  16. Daniel Karre (karyawan PT Istaka Karya)

Comment

News Feed