by

Wakil Bupati Simalungun Hadiri Halal Bihalal Sekaligus Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi

Kabarnas.com, Simalungun – Wakil Bupati Simalungun , Ir H. Amran Sinaga M. Si, pada rabu(19/06), hadiri kegiatan halal bihalal sekaligus Pemberdayaan Kelompok Tani Kopi, yang digelar oleh mitra indonesia dan kelompok Tani Nagori Sait Buttu Kecamatan P. Sidamanik Kabupaten Simalungun.

Dalam Bimbingan dan Arahan Bapak Wakil Bupati Simalungun menyampaikan Sudah menjadi catatan sejarah bahwasanya Tanaman kopi dikenal di Kabupaten Simalungun. Hal ini diperkuat berdasarkan sejarah, Oleh karena itu, jika berbicara soal kopi tentu rasa dan aroma kopi produk Simalungun punya nilai lebih dibanding produk serupa dari kabupaten lain. Pasalnya perladangan kopi Simalungun berada di antara 900-1400 meter dari permukaan laut.

Dimana ketinggian tersebut secara geografis sangat cocok untuk dikembangkan tanaman kopi arabika dan robusta. Oleh karena itu, tanaman kopi arabika dan robusta merupakan tanaman unggulan di wilayah Pematang Sidamanik dan khususnya di Kabupaten  Simalungun

Melalui mitra indonesia wabup berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang budidaya dan pengolahan kopi yang benar, oleh karena itu wakil Bupati berharap metode pembelajaran dengan cara praktek langsung, mengingat masyarakat bisa lebih mudah memahami jika dengan cara praktek bukan teori,”paparnya.

Mitra indonesia Ketika mempromosikan kopi Simalungun ternyata kopi simalungun sangat diminati. Dan Dalam kata sambutan perwakilan kelompok tani mengatakan, Cukup bangga karna di acara halal bihalal bersama kelompok tani bisa di hadiri Bapak Wakil Bupati Simalungun.

Menurut Ibu Tiamsi Napitu Pulu ketika pak Amran sinaga menjadi kadis perkebunan Simalungun  telah banyak memperjuangkan nasib petani kopi di Kabupaten Simalungun. mulai dari menyiapkan bantuan bibit kopi, pupuk dan pembelajaran dengan sekolah lapang petani dan magang petani kopi ke Aceh tengah sampai ke puslitkoka di jember jawa timur.

sampai beliau memperjuangkan registrasi IG(indikasi geograpis). Dengan nama  kopi arabica sumatera simalungun yg diserahkan oleh Menteri Hukum dan Ham pada tahun.2014 atas nama Presiden di Jakarta.

Pada kesempatan itu atas nama Kelompok Tani kopi dari Kabupaten Simalungun sepakat dan berharap bapak Ir.Amran sinaga dapat mencalonkan diri sebagai Bupati Simalungun pada tuhun 2020 mendatang.

kami sangat merindukan seorang pemimpin yang perduli akan pertanian dan semua itu ada di bapak Ir H. Amran Sinaga M. Si tutupnya”.(nu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *