by

Mengenal lebih dalam Badan Geologi dan istilah yang berhubungan dengannya

Kabarnas.com, Pematangsiantar – Ada beberapa institusi yang sering melahirkan istilah yang berkaitan langsung dalam kehidupan kita sehari hari. Institusi tersebut dibentuk langsung oleh pemerintah pusat karena menyangkut keselamatan hayat hidup orang banyak.

Masyarakat pada umumnya hanya mendengar dan mengucapkan istilah tersebut, namun belum tentu mengetahui magna sebenarnya. Untuk itu kami mencoba berbagi arti dan magna istilah tersebut diantaranya:

Badan Geologi:

Badan Geologi adalah suatu badan yang memiliki tugas menyelenggarakan penelitian, penyelidikan, dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah, dan geologi lingkungan, serta survei geologi. Badan ini dipimpin oleh kepala badan. Badan tersebut berada dibawah Kementerian Sumber Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.

-Badan Geologi mempunyai  Pos Pengamatan Gunungapi, seperti Pos Pengamatan : Gunung Sinabung, Gunung Sorik Marapi, Gunung Agung, Gunung Ijen , Gunung Ili Lewotolo dan lainnya

 

-PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi)

Dalam bahasa Inggris  Centre of Volcanology and Geological Hazard Mitigation(CVGHM)  dan di Indonesia disebut dengan istilah PVMBG yang merupakan salah satu unit di lingkungan Badan Geologi yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral bertugas melaksanakan perumusan kebijaksanaan, standardisasi, bimbingan teknis dan evaluasi bidang vulkanologi dan mitigasi bencana alam geologi. Lembaga ini bertujuan pengelolaan informasi potensi kegunungapian dan pengelolaan mitigasi bencana alam geologi, sedangkan misi yang diemban adalah meminimalkan korban jiwa manusia dan kerugian harta benda dari bencana geologi berpusat di Bandung.

PVMBG mengahasilkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation)  .

VONA adalah  analisis data dari jaringan pemantauan lembaga serta dari pengamatan langsung. Level peringatan VONA diberi kode warna untuk menunjukkan berbagai jenis notifikasi yang membahas kebutuhan informatif spesifik. Laporan disebarluaskan melalui email ke pemangku kepentingan nasional dan internasional di sektor penerbangan. Pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkannya melalui berlangganan email. Semua notifikasi tersedia untuk umum secara online.

Ini mengeluarkan laporan untuk perubahan, baik kenaikan maupun penurunan, dalam aktivitas gunung berapi, memberikan deskripsi tentang sifat kerusuhan atau letusan, potensi bahaya saat ini, serta kemungkinan hasil. 

dpl:

dpl merupakan singkatan dari ketinggian dari permukaan laut, istilah tersebut sebenarnya berasal dari kata Altitudo (atau elevasi).

dpl adalah posisi vertikal (ketinggian) suatu objek dari suatu titik tertentu (datum). Datum yang biasa digunakan adalah permukaan laut dan permukaan geoid WGS-84 yang digunakan oleh GPS.

Di Amerika Serikat dan Britania Raya, altitudo aviasi biasa diukur dalam satuan kaki, sedangkan di seluruh bagian dunia lain ketinggian diukur dengan satuan meter.

Tekanan atmosfer turun bersama dengan naiknya ketinggian. Prinsip ini merupakan dasar operasi altimeter tekanan, yang merupakan barometer aneroid yang dikalibrasi untuk menunjukkan ketinggian dan bukan tekanan. Penurunan tekanan ini akan menyebabkan kurangnya suplai oksigen (hipoksia) pada manusia yang berada pada ketinggian.

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *