by

Metamorfosis Si Anak Siantar (Chapter 2)

Kabarnas.com, Pematangsiantar – Melihat dan membaca dari apa yang di share oleh akun Facebook atas nama Darmawan Saragih, tentang si anak Siantar yang satu ini, tentunya publik akan bertanya tanya. Mengapa di jalan Langkat, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, tempat anak Siantar yang satu ini ini mengawali sosialisasinya ?

Pendekatan persuasif, mungkin itu jawabnya. Yah mungkin mungkin saja. Kita ketahui, AKBP Marudut Liberty Panjaitan Sik, MH, yang nama kecilnya saat di Siantar, dahulu dipanggil ‘Marudut’ dan kini memiliki akun media sosial dengan sebutan ‘Namaku Liberty’, memandang pentingnya sebuah kepercayaan keluarga.

Dia pastinya telah telusuri, di kota Hiterland atau kota yang di diaknosa dengan posisi 2°.50′.29″ – 2•.23.’50” Lintang Utara dan posisi 99°.05 – 99°.02 Bujur Timur. Pastinya memiliki potensi yang tersendiri diatasnya.

” Narkoba bagi ancaman buat generasi, karena itulah penjajah sebenarnya,” kata AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK, MH, dahulu kala, sebelum dia AKBP kepada penulis.

Faktanya, itu memang benar. Kita pernahkah berfikir bagaimana nasib generasi nanti !

Kembali kepada platform dia tempatkan dirinya di ‘basis’ mengapa demikian? Itulah “Promoter”. Kita bisa tau ada nama Riki sebagai pemasok sabu di daerah itu dan kita juga bisa tau ada nama Yunus sebagai pemasok sabu di jalan Patuan Anggi. Mereka berdualah pemasok di kota Pematangsiantar. Yang lemah disini siapa, sehingga ‘basis’ menjadi awal mula.

Si Anak Siantar mungkin lagi menangis sambil tersenyum. Tetapi, para ibu ibu dan orang tua, pastinya tak ingin anaknya terjerat dari Narkoba.

Hiterland, pasti banyak yang bertanya tanya. Apa sih arti Hinterlad? Hinterlad adalah Suatu daerah yang berfungsi sebagai pemasok dan pemenuhan kebutuhan bahan makanan pokok serta tempat produksi komoditi eksport. Siantar contohnya, dia menjadi pintu gerbang daerah daerah dari segala lini potensi. Misalnya, pertanian, perdagangan, perbankan, pelistrikan, pendidikan, agama dan kebudayaan.

“Pembangunan daerah dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia. Dan pembangunan itu dilaksanakan bertahap. Pembangunan daerah disamping meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus harus menjamin pendapatan yang semakin merata dengan pemerataan pendapatan yang semakin meningkat bagi masyarakat sesuai dengan ras keadilan ” ujar dia saat itu.

Kebijaksanaan pembangunan daerah, itu lagi yang penting, sebenarnya adalah memanfaatkan segala kemampuan dan potensi daerah serta modal luar secara berdaya guna, untuk membina, membimbing pertumbuhan, dan golongan ekonomi lemah untuk lebih berpartisipasi dalam proses pembangunan.(HD)

( Tulisan berasal dari paragraf tertentu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *