by

Presiden Jokowi tinjau penataan dan rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua

Kabarnas.com, Bali – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Bali pada Jumat, (14/6) kemarin  meninjau penataan dan rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua, Kota Denpasar.

Waduk Muara seluas 35 hektare ini menjadi sumber air baku untuk kawasan Kuta, Benoa, Nusa Dua, serta sekitar airport. Bendungan ini sangat penting sekali, namun progres pekerjaannya masih 80 persen, dan diharapkan selesai bulan Desember ini, pengerjaan kelihatan rapi, ujar Presiden kepada awak media seusai peninjauan.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,

Waduk Muara Nusa Dua selesai dibangun pada tahun 1996 dan merupakan muara dari Tukad Badung, panjang alur sungai mencapai 19,6 kilometer dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 40,95 kilometer persegi. Luas genangannya 35 hektare, dan dapat menampung air sebesar 770.000 meter kubik  sedangkan tampungan efektifnya 595.000 meter kubik.

Pemanfaatan Waduk Muara Nusa Dua ini utamanya adalah sebagai sumber air baku kawasan Bali Selatan dengan volume air mencapai 500 liter per detik, dan ke depannya, Presiden berharap menjadi kawasan wisata.

Penataan kanan kirinya bagus, tidak hanya fungsi air baku, tapi juga untuk resto dan tempat wisata. Akhir tahun lah kita lihat ke sini lagi, ujar Jokowi.

Penataan dan rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua dimulai pada tahun 2017 lalu seiring dengan peningkatan kegiatan pariwisata di Kuta, Tanjung Benoa, dan Nusa Dua.

Waduk tersebut merupakan waduk muara pertama di Indonesia, kemudian Waduk Duriangkang, Waduk Muka Kuning, Waduk Sei Ladi, dan Waduk Sei Gong, yang semuanya berada di Batam.

Selain Ibu Iriana Jokowi, dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden tampak didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Johan Budi, serta Gubernur Bali I Wayan Koster.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *