by

Untuk mengurangi kemacetan dan polusi, Gubernur Sumsel minta ASN gunakan angkutan umum.

Kabarnas.com, Palembang – Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru memberikan contoh pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun honerer agar satu hari dalam satu bulan, dapat menggunakan angkutan umum saat pergi dan pulang kerja

Hal ini sesuai dengan surat edaran Gubernur Sumsel Nomor 013/SE/DISHUB/2019 tentang gerakan satu hari dalam satu bulan menggunakan angkutan umum (LRT, BRT, dan angkutan kota) berangkat ke kantor pergi pulang di wilayah Kota Palembang.

Herman Deru minta Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jajarannya hendaknya membiasakan diri naik angkutan umum pergi ke-kantor.

Untuk menghindari kemacetan, perlu naik angkutan umum, apabila menggunakan kendaraan pribadi  pergi ke-kantor maka akan menambah kemacetan, ujar gubernur di Palembang Selasa (12/6).

Edaran tersebut berlaku untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Surat Edaran ini wajib dilaksanakan  Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer termasuk juga Gubernur.

Pada saat berada di Stasiun LRT Dinas Perhubungan Sumsel, Selasa (11/6) pukul 16.00 WIB, Gubenur Herman Deru langsung naik Light Rail Transit (LRT) dari stasiun Dinas Perhubungan  dan turun di stasiun Demang.

Palembang sudah memiliki transportasi massal seperti bus Trans Musi, kereta layang ringan atau LRT yang dapat digunakan untuk pergi ke-kantor. Angkutan tersebut nyaman dan aman digunakan untuk menghindari kemacetan ujarnya.

Gubernur mengajak ASN dan honorer jajarannya menggunakan angkutan massal kereta listrik sepulang kerja,. Hal ini dianggapnya sebagai contoh  konkret dan mensosialisasikan pada masyarakat umum, terutama ASN dan honorer untuk membiasakan diri menggunakan LRT.

“Kita tahu LRT ini aset yang mahal yang didapatkan dari pusat. Makanya kereta ini bukan hanya harus kita pelihara tapi dimanfaatkan dengan maksimal,” ujar gubernur.

Selain mengurangi kemacetan, penggunaan transportasi umum ke tempat kerja juga akan mengurangi polusi udara, ujar Herman Deru.

Menurut dia, langkah ini perlu dilakukan dimana semua angkutan layak dinaiki semua golongan, termasuk juga LRT.

“Ini langkah kecil tapi untuk menuju langkah yang besar, untuk membiasakan masyarakat naik angkutan umum,” katanya.

Gubernur juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menggunakan kendaraan umum.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *