by

Luka Modric menangi Ballon d’Or 2018

Kabarna, Paris – Luka Modric memenangi penghargaan Ballon d’Or 2018 pada upacara pemilihan pemenang yang dilakukan pada Selasa dini hari WIB, dengan mengungguli Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Cristiano Ronaldo.

Modric menerima trofi bola emas dari majalah France Football dalam acara penganugerahan yang digelar di Grand Palais, Paris, Prancis, Selasa (4/12) dini hari WIB.

Modric pemain yang lahir pada 9 September 1985 silam adalah kapten tim nasional Kroasia dan gelandang klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

“Ini adalah perasaan yang sulit dipercaya,” kata Modric seperti dikutip dari France Football. “Merupakan kegembiraan besar untuk berada di sini bersama pemain-pemain ini.” “Saya masih berusaha untuk menyadari bahwa saya telah menjadi bagian dari grup para pemain luar biasa yang memenangi Ballon d’Or.” ujar Modric.

Modric  memainkan peran penting bagi klubnya ketika mereka menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun pada tahun 2017.

Pada ajang Piala Dunia 2018, Modric membawa timnas Kroasia menembus babak final untuk pertama kalinya sepanjang sejarah dan finish di peringkat kedua.

Modric merupakan pemain pertama yang mematahkan dominasi Ronaldo dan Lionel Messi untuk penghargaan ini sejak 2007, di mana mantan pemain Brazil Kaka merupakan sosok terakhir yang memenangi trofi ini sebelum bintang Argentina dan Portugal itu berbagi masing-masing lima gelar pada tahun-tahun berikutnya.

Namun tahun ini Cristiano Ronaldo hanya menempati peringkat kedua dalam ajang Ballon d’Or dan Lionel Messi berada di posisi kelima.

Kesuksesan ini menutup tahun penuh kesuksesan bagi Modric, menjadi pemain terbaik UEFA 2018, dan mendapatkan Bola Emas sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 2018.

Ada dua penghargaan baru yang diperebutkan, yakni Trophee Kopa untuk pemain muda terbaik dan Ballon d’Or Feminin untuk pesepak bola wanita terbaik.

Ballon d’Or  putri 2018 disabet penyerang berkebangsaan Norwegia Ada Hederberg, ia menjadi top skor Liga Prancis musim 2017-2018 dengan catatan 31 gol dari 20 penampilan. Hegerberg juga sukses membawa Lyon menjadi juara Liga Prancis dan Liga Champions Eropa pada musim tersebut.

Sedangkan Mbappe memenangi penghargaan Trofi Kopa edisi perdana, yang diberikan untuk pemain terbaik di bawah usia 21 tahun yang pemenangnya dipilih oleh para pemenang Ballon d’Or sebelumnya.

Mbappe menyingkirkan kandidat pemain muda lainnya seperti Trent Alexander-Arnold, Patrick Cutrone, Gianluigi Donnarumma, Christian Pulisic, dan Justin Kluivert.

Kesuksesan pemain berusia 19 tahun itu menembus skuat inti timnas Prancis yang menjuarai Piala Dunia 2018 membuatnya dianggap layak menyabet penghargaan tersebut.

Berikut ini daftar nominasi 30 pemain pada  Ballon d’Or 2018:

1: Luka Modric (Kroasia / Real Madrid)
2: Cristiano Ronaldo (Portugal / Real Madrid)
3: Antoine Griezmann (Prancis / Atletico Madrid)
4: Kylian Mbappe (Prancis / PSG)
5: Lionel Messi (Argentina / Barcelona)
6: Mohamed Salah (Mesir / Liverpool)
7: Raphael Varane (Prancis / Real Madrid)
8: Eden Hazard (Belgia / Chelsea)
9: Kevin De Bruyne (Belgia / Manchester City)
10: Harry Kane (Inggris / Tottenham Hotspur)
11: N’Golo Kante (Prancis / Chelsea)
12: Neymar (Brasil / PSG)
13: Luis Suarez (Uruguay / Barcelona)
14: Thibaut Courtois (Belgia / Chelsea, Real Madrid)
15: Paul Pogba (Prancis / Manchester United)
16: Sergio Aguero (Argentina / Manchester City)
17: Gareth Bale (Wales / Real Madrid)
18: Karim Benzema (Prancis / Real Madrid)
19: Roberto Firmino (Brasil / Liverpool)
20: Ivan Rakitic (Kroasia / FC Barcelona)
21: Sergio Ramos (Spanyol / Real Madrid)
22: Edinson Cavani (Uruguay / PSG)
23: Sadio Mane (Senegal / Liverpool)
24: Marcelo (Brasil / Real Madrid)
25: Alisson Becker (Brasil / AS Roma, Liverpool)
26: Mario Mandzukic (Kroasia / Juventus)
27: Jan Oblak (Slovenia / Atletico Madrid)
28: Diego Godin (Uruguay / Atletico Madrid)
29: Isco (Spanyol / Real Madrid)
30: Hugo Lloris (Prancis / Tottenham Hotspur)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *