by

Kemenag sore ini laksanakan sidang Isbat

Jakarta, Kabarnas – Kementerian Agama sore ini Senin (3/6) akan menggelar sidang Isbat, untuk menentukan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah.

Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Senin, 3 Juni 2019 M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.

Sidang tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang pesertanya terdiri dari para ulama, Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Kegiatan sidang isbat itu diawali paparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar astronomi. Kegiatan dilanjutkan dengan salat magrib kemudian dilakukan sidang tertutup.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan Kemenag menyebar para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia.

Adapun Kemenag dalam menetapkan 1 Syawal 1440 H memadukan dua metode yaitu melalui perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal. Kemudian akan didapatkan prakiraan letak bulan dan dikonfirmasi dengan melihat hilal secara langsung (rukyat).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menjelaskan, rangkaian Sidang Isbat diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi. “Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin (3/6) sore.

Usai sidang Isbat, Menteri Agama akan menggelar konferensi pers untuk mengumumkan Penetapan Pemerintah tentang Idul Fitri 1 Syawal 1440H/2019M.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *