by

Acara Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono dipimpin Presiden Jokowi

Jakarta, Kabarnas -Acara prosesi pemakaman Ibu Negara 2004-2014 Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, di Blok M Nomor 129, Minggu 2/6) dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Prosesi di TMP Kalibata dimulai sekitar pukul 14.26 WIB, Minggu (2/6/2019). Jenazah Ani Yudhoyono dibawa keluar mobil jenazah, lalu keluarga juga keluar dari mobil.

Presiden Jokowi, yang sebelumnya berdiri di panggung upacara, kemudian berjalan menghampiri peti jenazah Ani Yudhoyono, lalu menyalami Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada acara tersebut tampak hadir Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri

Tampak juga hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI 2009-2014 Boediono, Menko PMK Puan Maharani, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sedangkan wakil Presiden Jusuf Kallla tidak bisa hadir. Menurut juru Bicara Wapres, Husain Abdullah,melalui keterangannya mengatakan Kalla berhalangan karena harus beristirahat atas saran dokter.

Sebelumnya jenajah Ani Yudhoyono, dibawa dari Puri Cikeas Kabupaten Bogor, Jawa Barat ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, menggunakan ambulans, Minggu, pukul 13.50 WIB.

Pada upacara yang dilakukan secara militer itu, Edhie Baskoro alias Ibas, menyerahkan jenazah ibundanya pada Inspektur upacara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, yang mewakili pemerintah.

“Saya atas nama keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerahkan jenazah almarhumah Hajah Kristiani Herrawati kepada pemerintah untuk dimakamkan di Tempat Pemakaman Nasional Kalibata dengan upacara militer,” kata Ibas.

Setelah diserahkan, jenazah kemudian dimasukkan ke ambulans yang juga digunakan membawa dari Bandara Halim Perdanakusumah ke rumah duka semalam.

Iring-iringan dari rumah duka ke TMP Kalibata Jakarta terdiri atas kendaraan polisi militer, kendaraan Gendang Sangsakala, kendaraan pasukan penghormatan, kereta jenazah, kendaraan Inspektur upacara, serta kendaraan keluarga dan pelayat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *