by

HKBP BERDOA UNTUK KAWASAN DANAU TOBA

Pematangsiantar, Kabarnas – Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) mengadakan acara khusus  mendoakan kawasan Danau Toba pada Minggu (2/6). Nama Minggu hari ini adalah EXUDIO  yang artinya tertuang dalam Mazmur pasal 27 ayat 7.

Menurut amatan Kabarnas, acara kali ini agak berbeda dengan acara kebaktian minggu  sebagaimana biasanya, karena acara tersebut dilakukan serentak diseluruh Gereja HKBP yang ada dikawasan seputaran Danau Toba.

Acara serentak dilakukan di tujuh Distrik HKBP yakni di Distrik : III HUMBANG,  IV TOBA,  V SUMATERA TIMUR,  VI DAIRI,  VII SAMOSIR,  XI TOBA HASUNDUTAN dan  XVI HUMBANG HABINSARAN.

Acara tersebut sebagai wujud kepedulian HKBP dalam menjaga lingkungan  termasuk Lingkungan Kawasan Danau Toba, agar setiap warga menjaga kelestarian alam supaya menjadi berkah bagi warga sekitar. HKBP menyadari karena ulah manusialah terjadinya longsor akibat dari pengrusakan hutan, air yang tercemar karena limbah, udara juga tercemar sehingga belakangan ini banyak terjadi banjir, tanah bergerak menimbulkan banyak korban jiwa.

Alam dan segala isinya termasuk air adalah ciptaan Tuhan, jadi kita wajib memeliharanya supaya menjadi berkah bagi kita umat manusia .

Misalnya dulu air Danau Toba bisa langsung dikonsumsi warga sekitar, namun sekarang tidak lagi, karena sudah tercemar oleh limbah dari sisa makanan Keramba Jaring Apung (KJA) baik itu milik perusahaan maupun pribadi. Lahan pertanian jadi berkurang dikarenakan ketersediaan air tidak mencukupi lagi.

Untuk itu HKBP melalui Departemen Marturia akan melaksanakan acara Eko Pastoral Care, ini sebagai wujud nyata kepeduliannya kepada manusia dan alam serta bentuk nyata mendukung program pemerintah yang menjadikan Kawasan Danau Toba menjadi Destinasi Wisata Dunia.

Acara tersebut ada tiga yakni : pada tanggal 18 Juni 2019 akan melepas bibit ikan di danau Toba. Kemudian pada tanggal 30 Juni 2019 akan melaksanakan penanaman kayu dipinggiran Danau Toba.  Lalu pada 5 Juli 2019 melaksanakan seminar SAFE LAKE TOBA & ECO CARE di Kota Balige.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *