by

Metamorfosis Si Anak Siantar (Chapter 1)

Pematangsiantar, Kabarnas – Siantar Man, siapa yang tidak mengenal dengan istilah ini. Siantar Man, yang diisi oleh anak anak Siantar dengan segala kreatifitasnya disela sela perantauan. Anak Siantar dan kota Pematangsiantar, dua kata yang tidak terlepas dan saling berpautan antara satu dengan yang lainnya.

Kota Pematangsiantar terletak ditengah tengah Kabupaten Simalungun, dengan Topografi ber- bukit bukit rendah yang secara geologie berada pada ketinggian 400 M diatas permukaan laut.

Anak Siantar, ada secuil kisah yang menarik tentang anak kelahiran Kota Pematangsiantar, salah satunya seperti AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK, MH, yang sampai saat ini, Sabtu (01/06/ 2019) menjabat sebagai Kapolres Simalungun. Putra kelahiran Pematangsiantar, tahun 1973 harus meninggalkan Kota Pematangsiantar setelah lulus dari SMA N 2 Pematangsiantar melanjutkan pendidikan ke Semarang di Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1993.

Lulus tahun 1997 di lembaga pendidikan Polri tersebut, tidak serta merta mendapatkan penempatan bertugas di kota kelahirannya.

Ia ditempah di beberapa daerah penempatan, antara lain di Sangihe Talaud, sebagai Pamapta di Polres Tahuna, Polda Sulawesi Utara, BKO di Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Bangka Belitung, NTB, Polda Metro Jaya, Komandan Kapal Tipe A di Direktorat Kepolisian Perairan Babinkam Mabes Polri, Kapolsek Kelapa Gading, dan sebelum menjabat sebagai Kapolres Simalungun sesuai Surat Telegram Kapolri Nomor ST/671/III/2017 Tanggal 11 Maret 2017, menjabat Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Kalimantan Timur.

Saat ini, di kota kelahirannya, Pematangsiantar, terlihat begitu banyak spanduk tentang si Anak Siantar, suami dari Suami dari Gloria Uliningtyas, SE, ini. Beragam himbauan himbauan terlihat di sebelah kanan fotonya.

Ia seolah telah kembali dari proses metamorfosis sempurna untuk kota kelahirannya. Tanah kelahiran yang tidak akan pernah hilang dari kalbu, tanah yang dicintai dan dihargai Kota Pematangsiantar. (HD)

(Sumber dari berbagai Media Siber)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *