by

Saut Bangkit Purba : Jangan jadi Anggota Legislatif “Bento”

Pematangsiantar,Kabarnas – Anggota legislatif adalah pelayan rakyat yang berfungsi menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat. Dengan demikian anggota legislatif mestilah dekat dan memahami hati nurani rakyat.

Demikian dikatakan Saut Bangkit Purba Caleg DPRD Provinsi Sumut Dapil X Siantar – Simalungun Partai Demokrat No Urut 1 kepada Kabarnas, di Pematangsiantar, Kamis 28 Maret 2019.

Dengan demikian sebagai anggota legislatif tidak boleh bermental “Bento” seperti salah satu judul lagu Iwan Fals yang menggambarkan sosok yang hanya suka bermewah-mewah dan selalu ingin dilayani.

Anggota legislatif jangan sampai bermental “Bento” tapi sebaiknya memahamilah tugas dan fungsinya yang sudah diatur dalam undang-undang.

Dikatakan Saut Bangkit Purba dalam pengamantannya masih banyak masyarakat yang menafsir kewenangan anggota legislatif itu seperti kewenangan eksekutif padahal seharusnya tidaklah demikian.

Legislatif dominan fungsi melakukan pengawasan selain mensahkan anggaran dan membuat Perda. Terkadang masyarakat berharap legislatif melakukan pekerjaan eksekutif padahal seharusnya bukanlah demikian.

Eksekutif dan Legislatif memiliki fungsi dan tugas yang berbeda sehingga jika keduanya bekerja maksimal maka pada ujungnya masyarakatlah yang diuntungkan.(noe)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *