by

Polda Sumut berhasil amankan 14 Kg Shabu

Kabarnas, Medan – Personel Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara berhasil menggagalkan pengiriman 14 kg narkoba jenis sabu-sabu asal Provinsi Riau tujuan Medan, Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, dalam pemaparannya di Rumah Sakit Bhayangkara, Medan, Kamis(7/2), mengatakan aparat kepolisian juga berhasil menangkap dua orang kurir narkoba berinisial S dan P.

Peristiwa tersebut, menurut dia, terjadi Minggu (3/2) sekira pukul 21.30 Wib. Saat itu, Polda Sumut melakukan pemantauan dan pembuntutan terhadap 1 (satu) unit mobil Toyota Avanza warna hitam BK 1875-FJ yang dicurigai membawa narkoba dari Provinsi Riau menuju Medan.

“Namun, mobil tersebut melaju dengan kecepatan tinggi. Petugas berusaha menghentikan mobil itu, khawatir para pelaku berhasil melarikan diri selanjutnya dilakukan penghentian terhadap kendaraan yang dikendarai para pelaku di Jalan Arifin Ahmad Kec. Medan Kampai Kota Dumai Propinsi Riau,” ujar Irjen Agus.

Namun para pelaku berupaya melarikan diri dengan melepaskan tembakan ke arah Petugas dan mengenai mobil Petugas. Mendapat perlawanan dari pelaku maka polisi melepaskan tembakan ke arah kendaraan para pelaku dan mengenai  kaca samping kanan bagian depan serta mengenai telapak tangan kanan dan lutut pelaku yang berperan sebagai supir.

Kemudian, pada jarak 1 km, tepatnya di Jalan Lintas Sumatera Cikampak, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumut, mobil tersebut berhenti dan dua orang laki-laki keluar dari mobil, serta berusaha melarikan diri ke arah perkebunan.

Satu orang pelaku berinisial S berhasil diamankan, sedangkan satu pelaku berhasil melarikan diri. Kemudian dilakukan penyisiran oleh Petugas Kepolisian diseputaran lokasi dan berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku yang mengaku bernama P.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadap 1 (satu) unit mobil  toyota avanza warna hitam BK 1875-FJ yang dikendarai kedua pelaku, dan  ditemukan 1 (satu) buah tas warna hitam berisikan 14 (empatbelas) kemasan teh cina warna hijau bertuliskan “GUAN YIN WANG” namun berisikan Narkotika jenis Shabu dengan berat @1 (satu) Kg dengan berat keseluruhan seberat 14 (empat belas) Kg.

Tersangka S kemudian diantar ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan. Sedangkan tersangka P dibawa untuk pengembangan pengusutan kasus ini.

Namun di perjalanan, P berupaya melarikan diri, dan karena tidak mengindahkan tembakan peringatan, maka petugas melakukan tindakan tegas terukur dan mengenai punggung bagian kiri yang mengakibatkan P meninggal dunia.

Agus menjelaskan, polisi menyita barang bukti berupa 1 (satu) buah tas warna hitam berisikan 14 (empatbelas) bungkus kemasan teh cina warna hijau bertuliskan “GUAN YIN WANG” yang berisikan Narkotika jenis Shabu dengan berat @1 (satu) Kg dengan berat keseluruhan seberat 14 (empat belas) Kg, dua unit handphone, dan satu unit Mobil Toyota Avanza warna hitam BK 1875 FJ.

Tersangka S dikenakan melanggar Pasal  114  Ayat (2) dan atau  Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika  dengan ancaman hukuman Pidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Dengan tertangkapnya barang bukti Narkotika Golongan I Jenis Shabu seberat 14 (empat belas) Kg, sehingga dapat menyelamatkan anak bangsa sebanyak 140.000 (seratus empat puluh ribu) Orang dengan asumsi 1 gram shabu untuk 10 orang pengguna, ujar Kapoda Sumut.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *