by

Biaya Haji tahun 1440H/2019M sama dengan tahun lalu

Kabarnas, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI menyepakati besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1440H/2019M yang dibayar langsung oleh Jemaah Haji untuk tahun 1440H/2019M adalah rata-rata sebesar Rp.35.235.602.

Kesepakanan BPIH itu ditandatangani Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher dalam Rapat Kerja Menag RI dengan DPR RI tentang Pengesahan BPIH 1440H/2019M, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Senin (4/1). Rumusan kesepakatan tersebut akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk disahkan menjadi Keputusan Presiden tentang BPIH 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi. 

Ketua Panitia Kerja (Panja) BPIH TB Ace Hasan Syadzili di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/1) mengatakan, besaran BPIH tahun ini sama dengan biaya haji tahun lalu.

Ace mengatakan meski BPIH tidak naik tapi ada beberapa peningkatan layanan bagi jamaah haji seperti akomodasi di Mekkah dengan sistem zonasi berdasarkan asal embarkasi.

Selain itu, terdapat peningkatan layanan bus shalawat pulang pergi untuk jamaah minimal untuk pemondokan yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Bagi jamaah yang hotelnya kurang dari itu tidak mendapatkan layanan bus wara-wiri 24 jam tersebut.

Sedangkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, bersyukur pembahasan BPIH tahun ini lebih cepat dari tahun lalu. Atas hal itu, dia bersyukur sehingga persiapan untuk pelayanan haji bisa dilakukan lebih cepat.  Selain itu, kata dia, jamaah memiliki waktu yang lebih banyak untuk menyiapkan setoran BPIH-nya.

Proses Panja tahun ini mengalami peningkatan kualitas, dan berjalan lebih cepat, ujar Menag.

Atas nama pemerintah dan selaku Menteri Agama, sangat mengapresiasi atas kerja Panja yang luar biasa yang berimplikasi bagi upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan haji tahun ini, ujar Menag.

Menag juga mengaku sangat gembira karena biaya haji tahun 2019 sama dengan tahun lalu, yaitu rata-rata sebesar Rp.35.235.602, walaupun kurs mata uang rupiah terhadap dollar yang berbeda di banding tahun lalu, dimana Tahun 2018 kurs mata uang rupiah atas dollar AS sebesar Rp13.888, sedangkan tahun ini Rp14.200.

Menag berpesan kepada calon jemaah haji bila Keputusan Presiden tentang BPIH telah terbit, untuk segera melakukan pelunasan biaya. “Selanjutnya, mempelajari manasik haji dan senantiasa menjaga kesehatan dari sekarang, karena mulai 6 Juli nanti, jemaah sudah memasuki asrama haji, dan tanggal 7 Juli berangkat ke Tanah Suci,” pesan Menag

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *